Kunjungi Pemalang, Menteri Suharso: Setop Antibiotik untuk Tambak Udang Vaname

Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, meresmikan ground breaking FOSS GRUP & PTPN IX tambak udang vaname 260 hektar, di Desa Pesantren, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Minggu 3 Oktober 2021 kemarin.

Suharso Monoarfa mengatakan, potensi biludidaya udang vaname memang sekarang luar biasa. Baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Banyak negara sudah mengembangkan budidaya. Kita berharap bisa ekspor udang vaname mulai tahun depan. Mudah-mudahan harganya juga lebih bagus karena sekarang saja harganya sudah mencapai Rp 75 ribu per kilogram,” ujarnya.

Dia berharap, komoditi budidaya vaname dapat dikembangkan ke seluruh Indonesia ini bagian dari impian kita bersama supaya udang vaname ini akan meningkatkan ekspor.

“Selain meningkatkan ekonomi warga, vaname juga akan menjadi sumber protein kita di dalam negeri, sekaligus mengembangkan kaasitas produksi daerah apa yang bisa diperoleh daerah,” katanya.

Untuk infrastruktur pendukung, PTPN juga bisa membuatkan akses jalan bekerjasama dengan daerah menuju ke sentra-sentra produksi.

“Apalagi ini akses ke jalan nasional, karena apa ini adalah jalan akses produksi yang mana harus didukung semua pihak yang konsisten dan peduli untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kita,” ungkapnya.

Menurut Suharso, Bappenas, BUMN didukung Pemda bisa mengoptimalkan potensi dengan target 500 H.

“Penting teknologi budidayanya, yang saya ingatkan adalah stop pakai antibiotik karena tidak dapat sertifikasi. Mohon untuk bupati supaya ambil satu tempat untuk diadakan pelatihan untuk masyarakat supaya mereka bisa mengembangkan teknologi ini,” pungkasnya.

Penulis : Baktiawan Candheki
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini