Gempa Guncang Brebes, 23 Rumah Rusak

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Brebes – Gempa bumi mengguncang Kabupaten Brebes. Sedikitnya 23 rumah warga di Kecamatan Sirampog, rusak. Selain kerusakan rumah, gempa ini menimbulkan retakan sepanjang 150 meter di kawasan perbukitan dengan lebar 5 cm.

Rumah warga yang mengalami kerusakan, di Desa Sridadi dan Dawuhan. Kepala BPBD Brebes, Nuhsy Mansur menyebut, di dua desa ini 23 rumah warga rusak akibat gempa. Dua diantaranya rusak parah karena bangunan dinding rumah roboh.

“Hasil pendataan tim BPBD di lapangan, 23 rumah rusak dan dua diantaranya rusak berat. Rumah yang rusak berat itu memang kondisi bangunanya sudah cukup tua jadi dindingnya roboh,” ungkap Nuhsy Mansur, Selasa 28 September 2021.

Untuk sementara, penghuni rumah yang rusak diungsikan ke rumah kerabatnya. Selain rusak karena gempa, mereka khawatir rumah roboh karena intensitas hujan di kawasan ini cukup tinggi.

“Sebagian besar diungsikan ke kerabat karena takut roboh. Apalagi intensitas hujan di kawasan itu cukup tinggi,” sambung dia.

Nuhsy melanjutkan, gempa berkekuatan 3.0 skala richter ini juga menimbulkan retakan tanah di kawasan perbukitan Igir Gowok. Retakan yang ditimbulkan akibat gempa ini sepanjang 150 meter dan pebar 5 cm. Retakan ini, sambung Kepala BPBD perlu diwaspadai karena bisa menimbulkan longsor bila sering terkena hujan.

“Kita mewaspadai dampak dari retakan di perbukitan Igir Gowok sepanjang 150 meter. Karena bila terus menerus terkena hujan akan terjadi longsor,” pungkasnya.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini