Presiden Jokowi Tanam Mangrove Bersama Masyarakat Tritih Lor Cilacap

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Cilacap – Rehabilitasi mangrove harus terus dilakukan untuk memulihkan, melestarikan kawasan hutan mangrove dan juga untuk mengantisipasi perubahan iklim yang sedang terjadi sekarang ini didunia atau untuk memitigasi perubahan iklim yang ada.

Itu disampaikan Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Cilacap seusai melakukan penanaman mangrove bersama masyarakat di Desa Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi, Kamis 23 September 2021.

Lebih lanjut Presiden Jokowi menambahkan, penanaman mangrove ini dilakukan dengan harapan dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi. Selain itu juga menghambat intrusi air, memperbaiki lingkungan pesisir dan memperbaiki habitat didaerah pantai yang diharapkan berdampak kepada peningkatan produksi ikan dan produksi hasil hasil laut lainnya salah satunya kepiting, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di pesisir pantai.

“Rehabilitasi mangrove akan terus kita lakukan baik oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove dan juga oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan target kita di tahun 2021 adalah 34.000 Ha di seluruh tanah air”, ujar Jokowi.

Dalam Acara tersebut Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, dan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Hartono Prawiraatmadja.

Setelah melakukan penanaman Mangrove di desa Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi rombongan menuju SMA Negeri 2 Cilacap untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi para pelajar. Selain di SMA Negeri 2 Cilacap, Jokowi juga meninjau kegiatan vaksinasi bagi masyarakat dari pintu ke pintu yang digelar di Kampung Nelayan Sentolo Kawat, Kecamatan Cilacap Selatan. Agenda terakhir Jokowi yaitu melepasliarkan anak penyu (tukik) di Pantai Kemiren, Kelurahan Tegal Kamulyan.

Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini