Wali Kota Tegal: Jangan Jadi PNS Kalau Ingin Kaya, Jadilah Pengusaha

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono saat memberikan pengarahan para Calon Aparatur Sipil Negara yang mengikuti SKD di Udinus Semarang, Kamis siang, 16 September 2021. FOTO/PUSKAPIK/SAKTI RAMADHAN
Iklan

PUSKAPIK.COM, Semarang – Jika ingin menjadi orang kaya, pilihan menjadi PNS/ASN tidaklah tepat. Jadilah pengusaha jika ingin jadi orang kaya.

Begitu pun jika ingin menjadi orang terhormat dan masuk ke dalam kelompok masyarakat berkelas, pilihan menjadi PNS/ASN juga tidak tepat. Sebab PNS/ASN adalah abdi masyarakat yang harus siap melayani selama menjalani karir.

Hal ini disampaikan Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono di hadapan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kota Tegal, saat memantau pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kota Tegal Formasi 2021 di Udinus Semarang, Kamis siang, 16 September 2021.

Dedy Yon mengingatkan, agar para peserta menetapkan niat mengikuti seleksi CASN untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. Hal itu, menurut Dedy Yon, demi kelanjutan langkah masa depan para peserta seleksi.

“Menjadi PNS/ASN tidak semata untuk mencari uang, tetapi lebih pada komitmen menjadi abdi negara dan abdi masyarakat,” kata Dedy Yon.

Ia menyampaikan, apa yang sekarang dijalani oleh para peserta adalah sebuah perjuangan untuk masa depan. Para peserta diminta memperjuangkan masa depan dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan yang terbaik.

“Anak-anakku, beberapa hal yang ingin saya pesankan kepada kalian semua, apa yang sedang kalian jalani saat ini adalah upaya untuk memperjuangkan masa depan. Karena masa depan memang harus diperjuangkan saat ini. Dan yang bisa memperjuangkan masa depan kalian bukanlah siapa-siapa, tetapi kalian sendiri,” kata Dedy.

Seleksi SKD CASN 2021 Kota Tegal memperebutkan 54 formasi yang diikuti oleh sebanyak 2.137 pelamar. Dengan peserta yang lulus seleksi administrasi sebanyak 1.740 pelamar dan yang tidak lulus administrasi sebanyak 397 pelamar.

Sedangkan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Non Guru menyediakan 121 formasi. Jumlah pelamar sebanyak 930 orang dan yang lulus seleksi administrasi sebanyak 417 pelamar dan yang tidak lulus sebanyak 513 pelamar.

Koordinator Tilok BKN UDINUS, Istiyarno menyampaikan bahwa untuk CASN tahun ini ada kenaikan passing grade.

“Untuk passing grade ada kenaikan sedikit untuk tahun 2021 ini dikarenakan ada tes karakteristik, di mana tes ini untuk menggali calon-calon ASN biar smart, selain smart juga berakhlak berorientasi pelayanan, akuntabel, komitmen, loyal yang mana sekarang ASN itu melayani masyarakat,” kata Istiyarno.

Kontributor: Sakti Ramadhan
Editor: Faisal M

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini