Cegah Kebakaran, Lapas IIB Slawi dan Damkar Kabupaten Tegal Latihan Bersama

Sejumlah Sipir Lapas IIB Slawi dan petugas Damkar Kabupaten Tegal saat latihan bersama penanggulangan kebakaran di Lapas Slawi, Kamis siang, 16 September 2021.FOTO/PUSKAPIK/SR
Iklan

PUSKAPIK.COM, Slawi – Sebuah mobil pemadam kebakaran (Damkar) dengan suara sirine meraung-raung masuk ke salah satu blok lapas kelas IIB Slawi, Kabupaten Tegal melalui pintu darurat, Kamis siang, 16 September 2021. Sejumlah petugas damkar dengan sigap turun dari mobil memasang alat pemadam api.

Dibantu sejumlah sipir lapas, petugas damkar langsung menyemprotkan air ke arah sebuah bangunan lapas yang terbakar. Dalam waktu singkat, api berhasil dijinaKkan sebelum merembet ke bangunan lainnya.

Peristiwa itu bukanlah kebakaran sungguhan, hanya simulasi dan latihan penanggulangan kebakaran yang digelar Lapas Kelas IIB Slawi bersama Unit Pemadam Kebakaran Kabupaten Tegal.

Selain latihan memadamkan api menggunakan mobil damkar, para sipir juga dilatih memadamkan kebakaran ringan. Latihan memadamkan api ringan dilakukan para sipir dengan praktik memadamkan api yang berkobar pada sebuah drum menggunakan karung basah dan alat pemadam api ringan (Apar).

Latihan ini diberikan agar para sipir memiliki pengetahuan cara memadamkan api dengan tepat dan cepat sehingga kebakaran yang lebih besar bisa dicegah.

“Tujuannya semata-mata untuk melatih professionalisme petugas lapas Slawi dalam penanganan bahaya kebakaran,” kata Kepala Lapas IIB Slawi, Mardi Santos.

Setelah ini, Imbuh Mardi, pihaknya akan membuat MoU atau perjanjian kerjasama dengan Pemadam Kebakaran Kabupaten Tegal yang berada di bawah Satpol PP Kabupaten Tegal, untuk melakukan pelatihan secara berkala setiap enam bulan sekali.

“Dengan latihan, dengan sinergi mudah-mudahan teman-teman damkar familiar dengan kondisi lapas, dan kami dalam penanganan gangguan keamanan khususnya kebakaran bisa kita tanggulangi dengan cepat,” terang Mardi.

Selain menggelar latihan dan simulasi, untuk mencegah kebakaran Lapas Slawi juga telah melakukan peremajaan instalasi listrik di dalam Lapas serta menyiapkan sejumlah Apar dan fireblock dititik-titik stretegis yang mudah dijangkau jika terjadi kebakaran.

“Peremajaan instalasi listrik sudah kami lakukan beberapa waktu lalu, juga penyediaan Apar dan fireblock di sejumlah titik,” tandas Mardi.

Kontributor: Sakti Ramadhan
Editor: Amin Nurrokhman

 

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini