TMMD Sengkuyung Kota Pekalongan Tahap III Sasar Kelurahan Banyurip

0
TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun Anggaran 2021 Kota Pekalongan dilaksanakan di Kelurahan Banyurip, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Kota Pekalongan – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun Anggaran 2021 Kota Pekalongan kembali dilaksanakan. Kali ini, program TMMD menyasar Kelurahan Banyurip, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan.

Pembukaan TMMD itu ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan program dari Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid kepada Komandan Kodim (Dandim) 0710/Pekalongan Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan di Aula Makodim 0710/Pekalongan, Rabu, 15 September 2021.

Dandim 0710/Pekalongan Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan menjelaskan, dalam pelaksanaan program TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2021 menyasar sejumlah kegiatan fisik dan nonfisik yang berada di Kelurahan Banyurip RW IV dan V, Kecamatan Pekalongan Selatan. Adapun sasarannya meliputi sasaran fisik yakni pengaspalan jalan dengan volume panjang 807,8 meter dan lebar 2-7,85 meter dengan ketebalan 3 cm.

Sementara, untuk sasaran nonfisik meliputi penyuluhan dampak penyalahgunaan narkoba, penyuluhan penanggulangan bencana alam, hingga sosialisasi kepatuhan protokol kesehatan (Prokes) ketat di masa pandemi Covid-19.

“TMMD Sengkuyung ini merupakan program yang terpadu dan berkelanjutan antara TNI, POLRI, pemerintah daerah, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang menyinergikan program masing-masing instansi untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah-daerah, sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat dengan kriteria sasaran berupa daerah pedesaan khususnya di daerah yang tertinggal/miskin, terisolir/terpencil, daerah perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lainnya yang terkena dampak bencana,” kata Dandim.

Ia berharap hasil TMMD nantinya bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat untuk meningkatkan laju perekonomian sekitar, memperlancar pembangunan di wilayah yang menjadi sasaran program TMMD, dan memperkokoh jiwa nasionalisme, terutama bersama-sama menghadapi masa pandemi yang belum berakhir ini.

“Pelaksanaan TMMD ini dapat memberikan sumbangsih membantu pemerintah melaksanakan program pembangunan Kota Pekalongan,” kata Dandim.

Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran TNI, khususnya prajurit Kodim 0710/ Pekalongan, yang kembali melaksanakan kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III tahun 2021. Kegiatan ini bertujuan mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah, sekaligus mempererat kemanunggalan antara TNI dengan rakyat. Menurutnya, Pemkot terus mendukung pelaksanaan TMMD yang telah rutin digelar di Kota Pekalongan.

“Di samping untuk meningkatkan ekonomi, memperbaiki sarana dan prasarana di masyarakat, sinergitas dan kedekatan antara TNI, Pemerintah dan rakyat harus semakin terjalin,” kata Aaf, sapaan akrab wali kota.

Aaf mengatakan, selama TMMD digulirkan, program-program terselesaikan dengan baik dan berjalan lancar berkat dukungan semua pihak. Jajaran TNI/POLRI, pemerintah dan masyarakat mengerjakan program ini dengan penuh dedikasi, semangat profesionalisme dan tanggung jawab.

“Kami yakin dengan selesainya program TMMD nantinya akan memberikan dampak positif bagi peningkatan perekonomian warga sekitar yang menjadi sasaran program TMMD tersebut,” katanya.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini