Begini Petugas Lapas Brebes Dilatih Jinakkan Api

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
Iklan

PUSKAPIK.COM, Brebes – Sebagai antisipasi bahaya kebakaran yang sewaktu waktu bisa muncul di kompleks Lapas, petugas Lapas kelas IIB Brebes Jumat 10 September 2021, dilatih keterampilan menjinakkan api oleh anggota Damkar.

Kebakaran besar yang terjadi di Lapas kelas I Tanggerang, telah merenggut nyawa 41 orang. Mengantisipasi kejadian serupa, Lapas kelas IIB Brebes membekali para petugasnya keterampilan cara menjinakan api bila terjadi kebakaran. Tak terkecuali semua juru masak lapas pun diikutkan dalam pelatihan ini.

Materi pelatihan keterampilan diberikan langsung oleh para petugas Damkar Kabupaten Brebes. Dalam pelatihan ini, petugas lapas dilatih cara memadamkan api, dan dikenalkan dengan berbagai jenis Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Kali pertama, mereka dilatih menadamkan api yang bersumber dari tabung gas elpiji. Kemudian, mereka dilatih cara menadamkan api dari sumber korsleting listrik.

Kepala Lapas Kelas IIB Brebes, Isnawan, mengatakan, pelatihan pemadaman api bagi petugas Lapas itu diberikan sebagai antisipasi dan respon cepat, terhadap peristiwa yang menimpa Lapas Kelas I Tanggerang beberapa waktu lalu.

Kejadian tersebut telah menyebabkan puluhan warga binaan menjadi korban. Untuk itu, para petugas Lapas perlu mengantisipas dengan membekali kemampuan memadamkan api. Pelatihan ini sekaligus pula untuk melatih mental dalam menghadapi situasi darurat ketika terjadi kebakaran.

“Kalau untuk penanganan terhadap warga binaan saat terjadi kebajaran di Lapas, kami memang mempunyai SOP (Standar Operasional Prosedur) yang telah ditetapkan. Kendati demikian, kami menilai para petugas juga harus mempunyai kemampuan dalam memadamkan api. Karenanya, mereka kami latih dan yang terpenting melatih mental petugas saat menghadapi api,” terang Isnawan.

Dengan pelatihan tersebut, sambung Isnawan akan sangat berguna bagi petugas Lapas. Apalagi, dalam praktik langsung, mereka terlihat belum terbiasa menghadapi api yang berkobar.

“Namun melalui pelatihan itu, mereka mengetahui cara memadamkan api dengan mudah. Termasuk, mengantisipasi api agar tidak menjalar. Kami harapkan dari pelatihan ini akan semakin nambah kesiapsiagaan petugas di Lapas Brebes ini,” tandasnya.

Ketua Regu Tim Damkar Brebes, Sugiarto mengatakan, selain cara pemadaman api, para petugas Lapas juga dikenalkan dengan berbagai jenis APAR dan cara penggunaannya. Menginggat, masih banyak yang belum tahu cara menggunakan APAR secara tepat.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

 

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini