Polda Jateng Terjunkan Sniper Jaga Perayaan Natal

0
Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel bersama Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi dan jajaran saat mengecek pengamanan sejumlah gereja di Kota Solo, Selasa (24/12/2019). Foto/Dok. Humas Polda Jateng

SOLO (PUSKAPIK) – Menjelang perayaan Natal, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi melakukan inspeksi ke sejumlah gereja di Kota Solo, Selasa (24/12/2019). Polda menyiapkan penembak jitu (sniper) di gereja-gereja yang dianggap prioritas.

Kapolda mengatakan, Kota Solo, Semarang, Banyumas, dan beberapa kota lain, mendapat prioritas pengamanan Natal dan Tahun Baru. Khusus di Kota Solo, Polda Jateng membuat tiga klasifikasi dari 171 gereja. Enam gereja masuk prioritas satu, 22 gereja prioritas dua, dan 133 masuk prioritas ketiga.

“Beberapa gereja yang masuk prioritas kami tempatkan penembak jitu untuk memastikan keamanan jemaat seluruhnya,” kata Kapolda usai meninjau Gereja Santa Maria Regina, Purbowardayan, Solo, Selasa (24/12/2019) sore.

Rycko memastikan sistem pengamanan gereja di wilayahnya telah tersusun dengan baik. Mulai dari petugas, cara bertindak, hingga koordinasi pemangku kepentingan. Karena itu, dia berharap semua berjalan sesuai rencana, sehingga jemaat gereja bisa beribadah dengan nyaman.

Senada juga disampaikan Pangdam IV Diponegoro, Mayjend TNI Mochamad Effendi. Menurutnya, pengamanan di Kota Solo sudah terkoordinasi dengan baik. Di setiap pos sudah ada unsur TNI yang ditempatkan.

“Kami juga stand by on call apabila Pak Kapolres membutuhkan tambahan. Ini khususnya di Kota Surakarta dan umumnya di wilayah eks Karisiden Surakarta,” kata Pangdam. (FM)