Bupati Pemalang Janjikan Pelatihan untuk Pengembangan Desa Wisata

0
Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, ditemui usai menghadiri diskusi publik di STIT Pemalang, Kamis, 2 September 2021. FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang menggelar diskusi publik ‘Pemberdayaan Sumber Daya Alam Desa sebagai Tujuan Destinasi Wisata Kabupaten Pemalang’, Kamis 2 September 2021. Diskusi publik di aula STIT Pemalang ini dimoderatori Untung Budiharso, Wakil Ketua IV STIT Pemalang/Direktur LEKAD.

Sejumlah narasumber dihadirkan dalam diskusi publik ini, antara Ketua PWI Jateng Amir Machmud, Dirut Perumda Air Minum Tirta Mulia Pemalang Slamet Effendi, serta Ketua STIT Pemalang Amiroh. Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo juga turut hadir langsung menjadi narasumber.

Mukti Agung berharap diskusi publik ini mampu membangun sinergitas dalam upaya mempromosikan dan meningkatkan potensi andalan dan unggulan Kabupaten Pemalang. “Khususnya untuk desa-desa wisata ini,” katanya ditemui usai acara.

Ke depannya, kata Agung, Pemkab Pemalang bakal memberikan pelatihan guna meningkatkan potensi desa wisata, mulai dari kategori desa wisata rintisan.

Berdasarkan data di Disparpora, di Kabupaten Pemalang ada 27 desa wisata. Sebanyak 13 desa kategori rintisan, 11 desa kategori berkembang, dan 3 desa kategori maju.

Mukti Agung menegaskan, pemkab bakal berupaya menambah jumlah desa wisata, yang menjadi salah satu program unggulan pemerintahannya ini.

“Karena kita melihat pariwisata ini punya multiplier effect yang luar biasa, terutama untuk UMKM yang ada di sekitarnya,” kata Mukti Agung.

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini