Exit Tol Bojong Resmi Dibuka, Angin Segar bagi Ekonomi Pekalongan

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq meresmikan pembukaan exit tol Bojong, Jumat, 27 Agustus 2021. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Bupati Pekalongan Fadia Arafiq meresmikan pembukaan exit tol Bojong, Jumat, 27 Agustus 2021. Keberadaan pintu keluar tol ini digadang-gadang akan membawa angin segar terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

Tampak hadir dalam peresmian tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hindun, Kajari Kabupaten Pekalongan Abun Hasbullah Syambas, Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria, Direktur PT Pemalang Batang Toll Road Supriyono, Direktur Waskita Toll Road Septian Andri Purwanto, Pj Sekda Budi Santosa, dan para kepala OPD.

Dalam sambutannya, Fadia megatakan bahwa pembukaan gerbang exit tol Bojong merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh warga masyarakat Kabupaten Pekalongan. Karena menurutnya, dengan dibukanya exit tol Bojong ini menjadi awal pertumbuhan ekonomi.

“Saya yakin dengan dibukanya exit tol Bojong ini yang aksesnya langsung ke Kabupaten Pekalongan bisa meningkatkan nilai perekonomian di Kabupaten Pekalongan,” kata Bupati Pekalongan Fadia Arafiq.

Ia mengatakan, apabila ekonomi dapat berjalan, maka wisatanya juga akan berjalan. Karena Kabupaten Pekalongan sendiri memiliki aset-aset wisata yang luar biasa dan juga kerajinan-kerajinan serta UMKM yang juga sangat luar biasa.

Oleh karena itu, ia menuturkan bahwa pihaknya beserta DPRD Kabupaten Pekalongan akan membahas lebih lanjut tentang rencana pembuatan sentra pusat oleh-oleh khas Kabupaten Pekalongan untuk menjadi nilai tambah destinasi para wisatawan untuk kedepannya.

“Dengan adanya exit tol yang keluar langsung di Kabupaten Pekalongan ini UMKM saya yakin akan meningkat penjualannya dan juga apalagi kita akan pikirkan untuk membuat pusat oleh-oleh,” katanya.

Fadia juga berpesan kepada seluruh pihak untuk membantu pengawasan pembangunan jalan layang yang akan segera direalisasikan untuk mempermudah akses jalan masyarakat dan menghindari terjadinya kecelakaan.

“Pembangunan jalan layang yang terhubung langsung ke Kabupaten Pekalongan ini akan segera kami realisasikan dengan bekerjasama dengan Pemkot Pekalongan,” kata Fadia.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Direktur PT Pemalang Batang Toll Road Supriyono mengatakan bahwa exit tol Bojong ini merupakan bagian dari ruas tol Pemalang-Batang Toll Road yang membentang dari Pemalang Km 307 sampai dengan Batang Km 436 sepanjang 39,2 km. Terdiri dari 15 km di Kabupaten Pemalang, 18 km di Kabupaten Pekalongan, 6,2 km di Kabupaten Batang dan untuk Kota Pekalongan hanya kebagian exit Setono sepanjang 3 km.

“Perlu diketahui mengapa exit tol Bojong ini operasionalnya terlambat dibanding dengan ruas utamanya, karena pada saat mulai sebenarnya exit tol ini tidak ada dalam perencanaan. Jadi, perencanaan yang awal adalah exitnya di Sragi, atas permintaan bapak bupati terdahulu diminta ada exit ke arah Selatan, maka dibangunlah exit tol Bojong ini,” kata Supriyono.

Pada acara tersebut, Direktur Waskita Toll Road Septian Andri Purwanto mengapresiasi kerja sama yang telPemkab Pekalongan dan para steakholder yang telah sukses mewujudkan pembangunan exit toll Bojong yang secara resmi telah dibuka hari ini.

Septian juga berharap dengan telah dibukanya exit tol Bojong ini dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat Kabupaten Pekalongan secara luas. Sehingga makna dari pembangunan infrastruktur dapat terwujud.

“Dan keberhasilan pembangunan infrastruktur sejatinya tidak hanya dari unsur komersial, tetapi yang lebih penting adalah tentang bagaimana bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Sehingga kami sangat berharap agar aset yang sudah dibangun ini bisa memberikan manfaat bagi pembangunan warga Kabupaten Pekalongan,” kata Septian.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini