Dapat Alokasi 160 Vial Vaksin Moderna, Nakes Kota Pekalongan Segera Disuntik Dosis Ketiga

0
Dinas Kesehatan Kota Pekalongan dalam waktu dekat akan memberikan suntikan dosis ketiga bagi tenaga kesehatan (nakes). FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Kota Pekalongan – Dinas Kesehatan Kota Pekalongan dalam waktu dekat akan memberikan suntikan dosis ketiga bagi tenaga kesehatan (nakes). Dinkes telah menerima alokasi sebanyak 160 vial vaksin jenis Moderna dari Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto mengungkapkan, pemberian vaksinasi booster kepada tenaga kesehatan ini merupakan upaya untuk memberikan perlindungan optimal saat bertugas memberikan pelayanan kepada pasien. Sebab, sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi, mereka sangat rentan terpapar Covid-19. Diharapkan penyuntikan vakin dosis ketiga (booster) bagi tenaga kesehatan ini, bisa segera terlaksana.

“Rencana untuk vaksinasi dosis ketiga bagi nakes ditargetkan minggu-minggu ini atau minggu depan atau sekitar akhir Bulan Agustus ini. Untuk dosis ketiga ini menggunakan vaksin jenis moderna,” kata Budi, baru-baru ini.

Budi menyebutkan, saat ini alokasi vaksin jenis moderna yang diterima Kota Pekalongan sebanyak 160 vial atau sekitar 2.240 dosis penyuntikan. Dalam satu vial terdiri dari 14 dosis. Pihaknya berkomitmen akan terus memperhatikan kesehatan para nakes di wilayah Kota Pekalongan. Selain itu, percepatan vaksinasi juga terus digenjot yang saat ini sudah mulai menyasar kalangan ibu hamil, difabel dan pelajar sekolah. Dimana,sebelumnya vaksinasi ini sudah diberikan kepada kelompok nakes, petugas pelayanan publik,lansia dan masyarakat umum.

“Presentase dosis pertama vaksin di Kota Pekalongan saat ini sudah mencapai 29% dan untuk dosis kedua sudah 20% baik untuk nakes, masyarakat umum,lansia, dan pelayanan publik. Untuk sasaran pelajar kami masih menunggu ketersediaan vaksin yang ada, dari Dinas Pendidikan sudah menyerahkan data para pelajar tingkat SMP, dari Kemenag juga sudah untuk data siswa-siswi sekolah MTS dibawah naungannya,dan dari Cabang Dinas Provinsi juga sudah mendata pelajar tingkat SMA/SMK. Untuk tingkat pelajar sekolah ini jumlah vaksin yang dibutuhkan sekitar puluhan ribu,” katanya.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini