Di Brebes, 7300 Ibu Hamil Hari Ini Mulai Divaksin

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
Iklan

PUSKAPIK.COM, Brebes – Kamis 19 Agustus 2021, hari ini, sebanyak 7300 ibu hamil di Kabupaten Brebes, mulai divaksin corona. Pelaksanaan vaksinasi terhadap bumil ini dilakukan serentak di 38 puskesmas.

Vaksinasi corona di Brebes, mulai menyasar kalangan ibu ibu hamil. Mereka diwajibkan mrngikuti vaksin agar terhindar dari penularan virus corona.

Secara keseluruhan, ibu hamil di Brebes yang akan divaksin sebanyak 7300 orang. Untuk tahap pertama, bumil yang akan divaksinasi pada hari ini sebanyak 3688 orang.

Bupati Brebes, Idza Priyanti usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Klikiran Jatibarang mengatakan, pencanangan vaksin bumil ini digelar serentak di 38 puskesmas. Pelaksanaanya dimulai sejak hari ini hingga beherapa hari ke depan sampai semua bumil selesai divaksin.

“Hari ini yang akan divaksin ada 3688 orang ibu hamil dan diitargetkan selesai semuanya. Kemudian sisanya akan dilakukan setiap hari sampai semua bumil divaksin seluruhnya,” terang Bupati Brebes.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Brebes, dr Sri Gunadi Purwoko menjelaskan, 7300 bumil yang akan divaksin ini sudah dinyatakan memenuhi syarat. Wanita hamil yang akan divaksin memiliki usia kehamilan 14 sampai 33 minggu.

“Sebenarnya wanita hamil di Brebes lebih dari 7300 orang. Setelah diseleksi, mereka yang boleh divaksin sebanyak 7300 orang yang usia kehamilannya 14 sampai 33 minggu,” ungkap Sri Gunadi.

Di Kabupaten Brebes, tambah Sri Gunadi, setiap tahun muncul rata rata 30 ribu wanita hamil baru. Dengan penambahan ini, maka jumlah bumil yang akan divaksin angkanya akan berubah setiap bulanya.

“Kalau rata rata, setiap tahun muncul 30 ribu bumil baru. Sehingga jumlah bumil yang akan divaksin juga berubah. Misalnya, yang usia kehamilan kurang dari 14 minggu, pada bulan berikutnya dia sudah bisa divaksin,” pungkasnya.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini