Bupati Junaedi menyerahkan sertifikat tanah ke warga (foto : red)
Bupati Junaedi menyerahkan sertifikat tanah ke warga (foto : red)

 

PEMALANG (PuskAPIK) – Bupati Pemalang Junaedi menyerahkan sertifikat tanah hasil pelaksanaan program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) tahun 2019. Penyerahan sertifikat tanah kepada warga secara simbolis di Halaman Balai Desa Bojongnangka, Rabu (28/11).

Usai penyerahan secara simbolis bupati menyampaikan bahwa program PTSL untuk tahun 2019 dan tahun mendatang 2020 berharap berjalan dengan baik, karena sudah disediakan anggaran  sebesar Rp 9 Milyar .

Menurutnya , bantuan dana untuk pelaksanaan program PTSL yang ada di Kabupaten Pemalang tersebut hasil karjasama dengan DPRD.

“Keberhasilan  program PTSL ini berkat  dwi tunggal, yaitu pemerintah daerah bersama DPRD,” katanya.

Disebutkan PTSL tersebut merupakan program pemerintah dari Bapak Presiden Joko Widodo yang harapannya di tahun 2024 nanti tanah-tanah yang ada di kabupaten seluruh Indonesia sudah bersertifikat semua secara lengkap. Khusus  di Kabupaten Pemalang tahun 2019 ada sebanyak  60 ribu bidang tanah yang diprogramkan oleh pemerintah.

Adanya dana bantuan dari pemerintah daerah , bupati bersama DPRD ingin masyarakat merasa ringan tidak terbebani. Maka melalui program ini, pemerintah daerah  memberikan subsidi kepada penerima manfaat masing- masing sebesar Rp 150 ribu .

Untuk membuktikan bantuan dana atau subsidi  itu sampai ke masyarakat, bupati dalam kesempatan tersebut melakukan testimoni kepada salah satu warga penerima.  Hasilnya ternyata benar bantuan dana yang dibagikan (subsidi) sampai kepada masyarakat . Sehingga dengan adanya bantuan dana masyarakat  cukup terbantukan karena dapat mengurangi beban masyarakat .

Bupati juga berkesempatan memberikan pesan kepada warga masyarakat agar sertifikat tanah yang telah dimilikinya,  digunakan sebaik baiknya, bermanfaat dan maslahah.

Bupati juga berharap kepada  warga yang sudah menerima sertifikat tanah, jangan cepat-cepat dijadikan  agunan.

“Boleh untuk agunan, tapi digunakan untuk ekonomi produktif,” kata bupati.

Sementara itu kepala desa setempat, Wahmu dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Bupati Pemalang beserta rombongan. Atas nama pemerintah desa beserta seluruh rekan kepala desa lainnya mengucapkan terima kasih karena pelaksanaan program PTSL di Kecamatan Pemalang yang ada di empat desa yaitu Bojongnangka, Tambakrejo, Wanamulya dan Surajaya semua sudah selesai dan berhasil dilaksanakan. Bahkan sekarang sertifikat tanah  akan diserahkan seluruhnya kepada warga  masyarakat yang dilakukan secara bertahap oleh BPN.

Kepala Kantor BPN Kabupaten Pemalang  melalui Kasubag TU Gentur  Adi, menjelaskan penyerahan sertifikat yang dilaksanakan pada hari ini, terdiri dari empat desa yaitu Bojongnangka ada 2.531 bidang , Surajaya  ada sebanyak 1.069 bidang , Wanamulya 1.050 bidang  dan Desa Tambakrejo ada sebanyak  2.000 bidang. Sehingga  total semua ada sebanyak 6.650 bidang.

Namun untuk penyerahan pada hari ini ada sebanyak 500 bidang , yang dilakukan secara simbolis oleh Bapak Bupati Pemalang .

“Sisanya akan diserahkan langsung ke masing -masing desa,” tandasnya.

Dalam penyerahab sertifikat PTSL hadir Ketua DPRD HM Agus Sukoco, Pj Sekda Nugroho Budiraharjo beserta jajaran Pemkab Pemalang , Muspika dan kepala desa di Kecamatan Pemalang. (hape)

Tinggalkan Komentar