Wali Kota Pekalongan Minta Pasien OTG Manfaatkan Tempat Isolasi Terpusat

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Kota Pekalongan – Akibat tingginya angka kasus positif Covid-19, Pemerintah Kota Pekalongan menambah tempat isolasi terpusat di Asrama Unikal dan SMP Negeri 4 Kota Pekalongan.

Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid menegaskan, kepada para pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) maupun terkonfirmasi Covid-19 yang saat ini tengah isolasi mandiri di rumah sebaiknya bisa melakukan isolasi di Tempat Isolasi Terpusat. Aaf, panggilan akrab wali kota, menilai karantina mandiri di rumah dinilai tidak efektif dan sulit dikontrol. Isolasi terpusat dinilai lebih efektif karena bisa memantau pasien. Mulai dari makan, obat, kesehatan sampai hiburan.

“Kita belajar dari Kota Kudus yang semula zona hitam, dan alhamdulillah sudah menjadi zona orange. Arahan dari Gubernur, Kapolda, Pangdam rata-rata pasien OTG yang isolasi mandiri di rumah itu tidak teratur dan tidak disiplin. Mereka masih banyak yang beraktivitas di luar rumah dan lain sebagainya. Kalau kita punya tempat isolasi mandiri terpusat, maka semuanya akan terpantau, supaya tidak semakin menyebar di masyarakat dan angka penurunan Covid-19 di Kota Pekalongan yang saat ini masih zona merah, semoga setelah tanggal 20 PPKM Darurat ini selesai bisa kembali ke zona orange ataupun kuning. Harapan kita seperti itu,” kata Aaf.

Ia menjelaskan, pasien OTG yang isolasi mandiri di rumah akan dijemput bola dan diharuskan isolasi mandiri secara terpusat. Sebab, pengawasannya akan lebih intens dan terpantau oleh petugas. Pihaknya menyebutkan, dalam tempat isolasi terpusat di SMP Negeri 4 telah disiapkan 20 ruangan, di mana setiap ruangan dapat menampung 8-9 orang. Sementara, untuk Asrama Unikal bisa menampung 250 orang.

“Termasuk pada Minggu malam kemarin ada 25 orang warga Kota Pekalongan yang melanggar PPKM Darurat, mau kita tertibkan tetapi mereka ngotot. Akhirnya, kita bawa ke Pemkot untuk di tes swab dan ternyata ada 8 orang dari mereka hasilnya dinyatakan positif, sehingga langsung kita evakuasi ke lokasi tempat isolasi terpusat yang sudah disiapkan. Mudah-mudahan semuanya bisa tertampung dan terpusat supaya pengawasan dan penanganannya bisa lebih optimal,” katanya.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!