Berkunjung ke Tegal, Gubernur Ganjar: Percepat Vaksinasi Lansia

0
Gubernur Ganjar Pranowo berdialog dengan salah satu lansia yang mengikuti vaksinasi massal di Kelurahan Kaligangsa, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, Kamis siang, 10 Juni 2021.FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Tegal – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, meminta vaksinasi Covid-19 untuk golongan Lanjut Usia (Lansia) dipercepat, untuk menambah penguatan menyusul terus meningkatnya kasus Covid-19 di sejumlah daerah di Jawa Tengah. Itu disampaikan Ganjar saat meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi lansia di Kelurahan Kaligangsa Kecamatan Margadana Kota Tegal, Kamis siang, 10 Juni 2021.

“Ini merupakan gerakan bersama untuk melakukan percepatan vaksinasi, khususnya untuk yang lansia. Saya kira apa yang dilakukan di Kaligangsa ini, menurut saya bagus, agar masyarakat khususnya lansia bisa disuntik lebih cepat,” ujar Gubernur Jawa Tengah.

Ganjar menyampaikan, percepatan vaksinasi untuk lansia merupakan bagian ikhtiar menekan laju kasus Covid-19. Namun demikian Ganjar menekan harus diimbangi dengan edukasi kepada masyarakat agar mereka yang sudah divaksin tetap menjaga protokol kesehatan.

“Jangan lupa, protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan. Masyarakat perlu terus diberikan edukasi agar tidak lengah meski telah divaksin,” pesan Ganjar.

Mengantisipasi terjadinya lonjakan luar biasa kasus Covid-19 seperti di Kudus, Ganjar meminta adanya perhatian semua pihak. Ganjar menyatakan, sudah berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal untuk menyiapkan bed dan tempat tidur tambahan apabila dihitung Bed Occupancy Rate (BOR) tinggi untuk segera buat Contingency Plan, dengan menambah tempat tidur untuk ICU dan isolasi di rumah sakit.

“Saya sudah koordinasi dengan Forkopimda agar menyiapkan tempat tidur tambahan apabila BOR tinggi untuk segera dibuat Contingency Plan,” tandas Ganjar.

Terkait pelaksanaan penanganan Covid-19 saat ini di Kota Tegal, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr. Sri Primawati Indraswari mengatakan saat ini vaksinasi Covid-19 khusus lansia masih tercatat 27,80 persen. Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal saat ini tengah melakukan percepatan vaksinasi untuk lansia.

“Pelaksanaan vaksinasi akan secara terus menerus dilakukan dan tidak hanya berhenti di kelurahan Kaligangsa saja nami, namun akan dilakukan secara terus menerus di seluruh kelurahan di Kota Tegal melalui puskesmas-puskesmas yang ada,” terang Prima.

Dihadapan Gubernur Ganjar Pranowo, Primawati menjelaskan bahwa pihaknya terus melakukan testing Covid-19 kepada masyarakat dan pelaksanaannya telah dijadwal.

“Untuk testing Dinkes menargetkan 256 orang perminggu yang sesuai ketentuan dari WHO, 1.000/1.000.000 penduduk/ minggu. Walaupun tidak dilakukan setiap hari namun manakala dibutuhkan Dinkes siap melaksanakan testing tiap hari sesuai dengan apa yang sudah kita jadwalkan,” bebernya.

Menyinggung stok vaksin saat ini , Prima menyampaikan bahwa masih cukup aman, menurutnya Dinkes Kota Tegal masih tersedia 2.344 fial itu berarti untuk 23.440 dosis.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini