Cek Kesehatan Tahanan, Polres Pekalongan Gelar Rapid Test Covid-19

Polres Pekalongan melakukan rapid test Covid-19 kepada seluruh tahanan, Rabu, 9 Juni 2021. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Polres Pekalongan melakukan rapid test Covid-19 kepada seluruh tahanan, Rabu, 9 Juni 2021. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus corona di lingkungan Mapolres, selain mendisiplinkan protokol kesehatan kepada personel.

“Rapid test bagi tahanan ini adalah langkah dini pencegahan penyebaran virus. Apabila ada yang terkonfirmasi nantinya akan menjalani isolasi, dipisahkan dari tahanan lainnya sampai dinyatakan negatif,” kata Kasat Tahti Polres Pekalongan Iptu Fellix Prasetyawan.

“Hari ini telah dilakukan rapid test terhadap para tahanan yang menghuni rumah tahanan Polres Pekalongan di ruang kesehatan Polres, dengan hasil keseluruhan non reaktif,” katanya.

Tak hanya rapid test, tahanan juga wajib melakukan penguatan imun tubuh dengan berolahraga ringan secara rutin di bawah pengawasan Sat Tahti Polres Pekalongan.

“Tujuannya adalah agar para tahanan terjamin kesehatannya sebelum mereka menjalani sidang putusan pengadilan, dan juga untuk menghindari penularan virus terhadap tahanan lain,” kata Fellix Prasetyawan.

Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, baik itu di lingkungan tahanan maupun di pihak penegak hukum serta pihak lain yang bersentuhan langsung dengan tahanan.

Fellix juga mengatakan, alur protokol kesehatan secara ketat juga dilakukan kepada seluruh anggota. Seperti pengecekan suhu tubuh dan cuci tangan sebelum memulai apel pagi, memakai masker hingga menjaga jarak di ruang kerja. Hal itu dilakukan guna mencegah dan memutus mata rantami penyebaran Covid-19.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

Iklan

Tinggalkan Balasan