Bocah Penderita Hidrosefalus di Banjarnegara Mendapat Kunjungan Dokter Seminggu Sekali

0
Dokter Mirza Nuchalida dari RSI Banjarnegara melakukan home visit ke rumah Dwi Aryanto (9), penderita hidrosefalus Desa Kebondalem, Kecamatan Bawang, Selasa, 8 Juni 2021. FOTO/PUSKAPIK/IST

PUSKAPIK.COM, Banjarnegara – Raut wajah Ati Manisem ibunda Dwi Aryanto (9), penderita hidrosefalus berbinar, saat rombongan yang terdiri dari dokter dan tim medis Rumah Sakit Islam Banjarnegara mendatangi rumahnya. Dwi yang merupakan warga Desa Kebondalem, Kecamatan Bawang menderita hidrosefalus sejak usia dua bulan. Kondisinya sangat memprihatinkan, di usia 9 tahun bobotnya hanya 6,5 kilogram.

Atas inisiasi Direktur RSI Banjarnegara Agus Ujianto, RSI menerjunkan dokter dan tenaga medis lainnya untuk melakukan home visit atau kunjungan ke rumah Dwi. “Kami akan memantau terus kondisinya, untuk memperbaiki kondisi kesehatan umumnya. Karena dia mengalami kondisi gizi buruk. Setiap minggu dokter akan memeriksa bersama tim medis untuk perbaikan nutrisinya,” kata dr Agus dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 8 Juni 2021.

Rombongan yang terdiri dari dr Mirza Nuchalida, perawat Yunut dan Humas Nugroho Purbo, Selasa, 8 Juni 2021, mendatangi kediaman Dwi. Dari rumah sakit menuju ke lokasi dibutuhkan waktu satu jam dengan jalan yang menanjak dan berliku, karena berada di gugusan pegunungan selatan Banjarnegara.

“Sebelum ke rumah anak Dwi, kami rombongan terlebih dahulu ke Puskesmas Bawang 2, untuk melakukan kordinasi terlebih dahulu. Kami menyampaikan niat kami, tidak menutup kemungkinan kita juga akan bersama sama pihak Puskesmas melakukan kunjungan bersama, selaku pengampu wilayah,” kata Mirza.

Saat sampai di rumah sederhana berwana hijau tosca, Dwi sedang menangis. Begitu rombongan datang tangis perlahan reda. Setelah mencuci tangan dengan cairan handsanitizer, Mirza tanpa ragu langsung menggendong Dwi, dan tak lama tangisnya langsung reda.

“Hallo adek Dwi, gimana kabarnya? Uh sama bu dokter langsung senyum senyum aja nih,” kata Mirza mengawali pembicaraan sebelum memeriksanya.

Dalam keterangannya Mirza menyebut, gangguan nutrisi yang terjadi sedikit demi sedikit akan diperbaiki. “Kita akan mencoba memberikan susu yang cocok dengan usianya, makanan tambahan, vitamin dan madu. Keluarga kesulitan kalau harus datang ke rumah sakit, maka kita yang melakukan home visit,” kata Mirza.

Dengan adanya tenaga medis yang datang ke rumah, dokter muda kelahiran Banjarnegara ini berharap kondisi Dwi terpantau kondisi kesehatannya, nutrisinya, dan paling penting keluarga bisa konsultasi dengan dokter.

“Ibu, ibu jangan sungkan sungkan sama dokter yang ke sini, kalau ada keluhan ada yang perlu didiskusikan tinggal ngobrol aja, termasuk kalau ada kebutuhan lainnya,” kata Mirza sambil memeriksa dengan stetoskop.

Untuk diketahui, dari keterangan ibunda Dwi, ia lahir normal. Namun, saat memasuki usia dua bulan kepala Dwi mulai membesar. “Saat dua bulan kepalanya terlihat mulai membesar. Kemudian saya bawa ke rumah sakit, tapi ini kondisinya masih seperti ini,” katanya.

Ati yang membesarkan kedua buah hatinya seorang diri itu tak putus asa mencari pengobatan untuk Dwi. Meski suaminya pergi tanpa kabar, Ati tetap mengusahakan perawatan di rumah sakit untuk Dwi.

“Kemarin 12 hari sempat dirawat di rumah sakit, tetapi kondisinya melemah. Berat badan juga turun dari 6,5 kilogram turun. Makanya saya bawa pulang,” katanya.

Ati menyebut kadang kala Dwi berkomunikasi dengan cara menangis saat lapar. Untuk makan Dwi, Ati biasa menyiapkan bubur, susu, dan buah yang sudah disaring.

“Kalau makan sama bubur, bubur beras merah dan diselingi bubur yang lainnya. Selain itu, susu kental manis dan buah yang sudah dilembutkan dan disaring,” ujarnya.

Sehari-hari Ati mencari nafkah dengan membuka warung kopi. Biasanya, dari warung kopi bisa mendapatkan uang antara Rp25.000 sampai Rp50.000 setiap harinya.

Ati sambil berkaca kaca, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah rela membantunya. “Saya ucapkan terimakasih kepada semuanya, yang telah rela membantu anak saya,” katanya.

Penulis: Faisal M
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini