Vaksinasi Covid-19, Pelaku Usaha di OW Guci Pertanyakan Merek Vaksin

0
Salah satu pedagang OW Guci sedang dicek kesehatan sebelum disuntik vaksin Covid-19, Jumat, 28 Mei 2021. FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Bojong – Ratusan pelaku usaha di kawasan wisata Guci, Kabupaten Tegal, mendapat suntikan vaksin Covid-19. Para Pelaku usaha yang divaksin meliputi pedagang, pemilik hotel, villa, homestay dan seluruh karyawannya yang berjumlah sekitar 600 orang.

Kepala UPTD Guci, Hasib, mengungkapkan, peserta vaksinasi mulai digelar Senin. Para peserta vaksinasi, kata Hasib, sempat mempertanyakan merk vaksin. Setelah dijelaskan, bahwa vaksin yang diberikan merek Sinovac mereka mau menerima.

“Saya nggak tahu motivasinya mereka tanya vaksin itu apa. Karena bagi saya pribadi merek itu aman nyaman buat si pengguna. Kita jelaskan itu mereknya Sinovac yang ada stok di Dinkes itu kan sinovac,” terang Hasib kepada Puskapik.com, Jumat siang, 28 Mei 2021.

Hasib menjelaskan, vaksin dilaksanakan setelah pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Bojong dan Bumijawa.

“Karena mereka adalah bagian yang berinteraksi langsung dengan wisatawan. Kalau jumlah paling sedikit 600 orang. Sebagian sudah ada yang divaksin. Yang kita prioritaskan adalah pelaku usaha yang belum divaksin,” kata Hasib.

Lebih lanjut Hasib menjelaskan, digelarnya vaksinasi massal mempertimbangkan bahwa pelaku usaha termasuk penopang stabilitas ekonomi baik lokal maupun daerah sehingga harus dilindungi.

“Karena mereka kan pelaku ekonomi, termasuk ya pelaku usaha untuk menghidupi keluarganya. Sehingga mereka sangat rentan apabila berinteraksi dengan wisatawan,” tandasnya.

Hasib menambahkan, tempat wisata resmi dibuka oleh pemerintah, sehingga para pelaku usaha berpotensi terapapar virus Corona. Selain pedagang, vaksinasi juga telah dilakukan terhadap para karyawan UPTD.

“Karyawan UPTD sudah vaksin 4 bulan yang lalu. 100% sudah divaksin,” beber Hasib.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini