Di Pemalang, Duda Nikahi Gadis, Diarak Keliling Kampung Pakai Tandu

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Hari Sabtu 22 Mei 2021 lalu, menjadi hari bahagia dalam hidup Taryono, warga RT 003 RW 0014, Kelurahan Mulyoharjo, Kabupaten Pemalang.

Bagaimana tidak, hari itu pria berumur 51 tahun tersebut akhirnya menyudahi masa dudanya, setelah sekian lama.

Taryono berhasil merebut hati dan mempersunting Warniah, perawan 48 tahun, yang tak lain adalah tetangganya sendiri, masih satu RW.

Warga yang turut bahagia bercampur haru, kemudian mengarak Taryono keliling kampung, sebelum ijab qobul.

Bak Jenderal Soedirman, Taryono diarak dengan tandu, di iringi alunan musik angklung.

“Yang jelas dari masyarakat, tiba-tiba saja spontan, jadi tidak ada rencana sebelumnya,” ungkap Taryono, kepada puskapik.com, Selasa 25 Mei 2021.

Mengenakan jas hitam, berdasi, lengkap dengan peci, Taryono nampak percaya diri jelang mengikrar janji suci. Ia menyapa semua warga yang ditemui di sepanjang jalan.

“Waktu ditandu ada rasa was-was juga, takut yang nandu tenaganya habis atau pengikat tandunya lepas. Tapi ya senang juga, kayaknya enggak ada yang seberuntung saya,” ungkap Taryono.

Dari anak-anak hingga orang tua, larut dalam sorak sorai arak-arakan. Mereka nampak antusias turut merayakan hari bahagia tetangganya itu.

Bahkan, bapak-bapak termasuk Ketua RW setempat, Salamunarso (48), rela berdandan dan berpenampilan wanita guna meramaikan suasana. Alhasil aksi mereka mengundang tawa warga.

“Saya juga tidak menyangka, disaat Mas Taryono sedang down karena Pandemi, pekerjaannya terganggu, teman-teman menyupport semua. Kita pun dadakan bikin tandu, sampai jam 4 Pagi,” tutur Salamunarso.

Setelah kelliling kampung hampir 1 kilometer jauhnya, Taryono akhirnya datang ke rumah mempelai wanita, di RT 002. Mereka mengikrar janji suci sehidup semati.

Kini, Taryono dan Warniah sudah sah menjadi suami-istri, dan tinggal dalam satu atap. Pengantin baru itu, tengah menikmati masa-masa indah perkawinannya.

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini