Hari Pertama Masuk Kerja, Pemkot Pekalongan Pastikan Layanan Publik Kembali Normal

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Kota Pekalongan – Usai libur lebaran Idul Fitri 1442 H, Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait kepatuhan kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun pegawai non ASN, Senin, 17 Mei 2021.

Dalam kesempatan itu, wali kota juga meminta agar para ASN menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat, khususnya dalam upaya penanganan dan pencegahan Covid-19. Selain itu, sidak ini sengaja dilakukan guna memastikan semua pelayanan publik, khususnya kinerja OPD yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, sudah mulai berjalan normal dalam memberikan pelayanan maksimal.

“Hari ini kami melakukan sidak ke empat OPD yakni DPUPR, Dinparbudpora, Dinkes, dan Dinhub Kota Pekalongan. Alhamdulilah, di hari pertama usai cuti bersama dan libur lebaran tidak ada yang bolos maupun izin,” kata Aaf, sapaan akrab wali kota.

Terkait larangan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H, pihaknya mengatakan ASN betul-betul patuh terhadap imbauan yang dikeluarkan Kemenpan RB. Pihaknya juga belum menemukan atau pun mendapatkan adanya laporan ASN yang mudik.

“Apapun kebijakan dan imbaun, baik dari pemerintah pusat maupun daerah, mengacu kepada protokol kesehatan penanganan Covid-19. Peran ASN ini sudah sepatutnya menjadi contoh yang baik untuk masyarakat,” katanya.

Secara terpisah, Wakil Wali Kota Pekalongan Salahudin juga melakukan sidak ke Dinas Pendidikan, Dinsos P2KB, Dindukcapil, dan DPMPTSP. Ia mengapresiasi kinerja dan semangat ASN. Meskipun hari pertama, tidak terlihat ASN yang mangkir/bolos kerja.

“Kami melakukan sidak, dan hasilnya setiap OPD yang kami kunjungi lengkap. Bahkan sejumlah pelayanan publik sudah berjalan normal. Saya berpesan, agar para ASN dapat selalu bersyukur atas pencapaian yang selama ini didapatkan. Sehingga selalu termotivasi untuk meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Salahudin.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!