Pemkab Pemalang Dan Perusahaan Teken Deklarasi Komitmen Dalam Tanggung Jawab Sosial

0

 

PEMALANG (PuskAPIK) – Sebagai bentuk komitmen dalam kegiatan tanggung jawab sosial, bupati Pemalang Junaedi atas nama pemkab Pemalang, bersama perusahaan yang ada di kabupaten Pemalang mendeklarasikan komimetmen tanggung jawab sosial dalam lingkungan perusahaan.

Deklarasi berupa penandatangan bersama antara bupati Pemalang Junaedi dengan perwakilan perusahaan yang ada di Kabupaten Pemalang di salah satu hotel di Pemalang, Senin(30/09).

Dalam sambutan usai penandatanganan, bupati mengatakan bahwa adanya deklarasi tersebut adalah bentuk komitmen perusahaan atau lembaga atau instansi untuk melaksanakan tanggungjawab sosial dan lingkungan di kabupaten Pemalang.

“Kegiatan ini merupakan upaya yang terus kita dorong dan kita laksanakan dalam rangka mewujudkan kepedulian kita, tanggungjawab kita untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat baik pada perusahaan itu sendiri, komunitas setempat maupun masyarakat pada umumnya,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan bupati bahwa kegiatan tersebut juga merupakan bentuk implementasi dan amanat peraturan daerah Kabupaten Pemalang nomor 21 tahun 2017 tentang tanggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan, bahwa perusahaan dalam menjalankan usaha, tidak hanya mendapatkan keuntungan perusahaan semata, melainkan perlu tanggungjawab sosial guna meningkatkan kualitas kehidupan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat setempat pada umumnya, dan masyarakat perusahaan itu sendiri dalam rangka terjadinya hubungan yang serasi, selaras dan seimbang dengan nilai budaya masyarakat setempat.

Masih dalam acara yang sama, Kepala Bidang Sosial dan Budaya pada Bappeda Kabupaten Pemalang Titik Widyastuti, selaku penyelenggara menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan koordinasi agar program tanggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan dapat terlaksana dengan baik.

Diketahui bahwa dalam kegiatan tersebut juga akan disepakati bersama bahwa tanggal 30 September 2019 menjadi hari lahirnya Forum Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan di Kabupaten Pemalang.

“Dari usulan pihak lain yang masuk kepada kami mengusulkan bahwa tanggal 30 September 2019, menjadi hari lahirnya Forum Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan di Kabupaten Pemalang, kami berharap hari juga dapat disepakati bersama”, kataTitik. (hape)