Calon Jemaah Haji Lansia di Pekalongan Mulai Divaksin Covid-19

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Vaksinasi Covid-19 untuk calon jemaah haji lanjut usia di Kota Pekalongan mulai dilakukan oleh dinas kesehatan setempat. Pelaksanaan vaksinasi tersebut bersamaan dengan pemberian vaksinasi bagi kalangan lansia umum (non jemaah haji.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Kabid P2P) pada Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, dr Indah Kurniawati, mengungkapkan, semua negara menganjurkan masyarakatnya untuk divaksinasi Covid-19. Menurutnya suatu hal yang wajar jika Pemerintah Arab Saudi meminta kepada seluruh negara yang akan berhaji untuk divaksinasi jemaahnya.

“Ya sebenarnya pada masa pandemi seperti sekarang ini, negara manapun memberi aturan seperti itu. Siapapun yang datang ke negaranya termasuk keperluan untuk ibadah haji, diharuskan sudah melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk kepengurusan visa. Jadi adalah hal yang wajar jika Saudi meminta siapapun yang akan ke Saudi dalam menjalankan ibadan haji atau umrah untuk divaksin terlebih dahulu,” jelas dr Indah.

Disampaikan dr Indah, saat ini Dinas Kesehatan Kota Pekalongan tengah memprioritaskan pelaksanaan vaksin bagi kalangan lansia termasuk lansia yang akan berangkat ibadah haji di sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang telah ditunjuk. Hal ini sama dengan pemberian vaksinasi meningitis yang mewajibkan kepada jamaah haji dan umrah yang akan ke Arab Saudi.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini