foto : ilustrasi (red)
foto : ilustrasi (red)

 

PEMALANG (PuskAPIK) – Direktur Pusat Informasi dan Kebijakan Publik (Puskapik), Heru Kundhimiarso meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang untuk segera melakukan langkah-langkah serius penanganan dalam menghadapi masalah kekeringan di sejumlah wilayah selatan Kabupaten Pemalang.

Kundhi menyebut, salah satu solusi untuk menghilang wabah kekeringan yaitu mencetuskan program manajemen air. Ia menilai, salama ini Pemkab dalam menyikapi kekeringan seperti petugas pemadam kebakaran.

“Mengatasi kekeringan bukan cuma menyuplai bantuan air, tapi manajemen air harus segera dibentuk, diwujudkan, direalisasikan. Karena manajemen air yang baik itulah, pada saat musim hujan tidak kebanjiran, saat kemarau tidak kekeringan,” kata Kundhi dalam keterangan pers kepada awak media, Kamis (17/10).

Pusakapik meminta instansi terkait di Pemkab untuk membuat kebijakan permanen dalam mengatasi kekeringan secara berkelanjutan serta perlunya sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan, merawat sumber air, dan hemat air saat musim kemarau sebagai langkah dalam mencegah terjadinya kekeringan.

“Buat bak-bak penampung air di titik-titik wilayah rawan kekeringan sesegera mungkin, jangan lagi ditunda-tunda” tegasnya.

Seperti diketahui, musim kemarau panjang mengakibatkan sejumlah desa di Kecamatan Pulosari dan Belik mengalami kekeringan. Warga mengalami kesulitan air bersih hingga harus antri berjam-jam untuk mendapatkan suplai air bersih bantuan dari sejunlah kalangan.(red)

Tinggalkan Komentar