PEMALANG (PuskAPIK) – Menengok sosok Drs. Budhi Rahardjo MM, tidak lepas juga kalau kita kembali ke memori saat BR, begitu dia sering disapa mulai berkarir.

33 tahun mengabdi di Pemkab Pemalang sebagai PNS, terakhir menjabat Sekda Pemalang hampir 8 tahun, dengan pangkat PNS IV/E (pangkat tertinggi).

Kesenangan BR adalah off road dan mengikuti komunitas motor N Max club. Selain itu dirinya mempunyai sepeda motor keluaran Inggris, Royal Enfield 500cc. Hoby lain selain ota atik motor, menyanyi juga menjadi hobi yang tidak bisa ia tinggalkan. di setiap ada kesempatan dirinya selalu mengadakan live konsert dengan group bandnya, old soldiers band.

Kegiatan kali ini setelah BR pensiun, lebih ke menjadi pengamat politik (BR adalan lulusan Fakuktas Ilmu sosial dan ilmu politik Jurusan ilmu pemerintahan UNDIP). Dia juga bergerak sebagai aktifis GMNI dan saat ini memimpin sebagai Ketua Persatuan Alumni GMNI Kabupaten Pemalang.

Di rumahnya Jalan Agung 43 Pemalang, dirinya memelihara banyak burung, ikan koi dan beberapa tanaman bonsai yang tampak terawat dengan baik. Dalam pergaulan dengan siapapun pada saat masih berdinas, kesan Amtenar dan priyayi tidak tampak sama sekali, justru tampilan dan bicaranya boleh dikata norak, semaunya sendiri, tidak dibuat-buat untuk pencitraan. Sehingga kerap kali dikenal dengan julukan Sekda gemblung, sekda urakan dan walaupun disisi lain dikenal tegas, kereng, disiplin dalam tugas kedinasan.

Ada Filosofi jawa yang sering disampaikan pada setiap kesempatan yaitu “Nek wani kereng, aja clutak sebab angger wani kereng tapi clutak, pasti nggletak”. (red)

Tinggalkan Komentar