PEMALANG (PuskAPIK) – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah SKW II Pemalang turun langsung ke lapangan untuk melakukan peninjauan dan pengamatan, menyusul adanya laporan dari warga yg diduga ada kemunculan Buaya di sungai Comal tepatnya di desa Kauman kecamatan Comal Kabupaten Pemalang, Rabu (04/09).

Bersama dinas LH kabupaten Pemalang, MuspikaComal dan pemetintah desa Kauman yang sekaligus melakukan pemasangan spanduk peringatan untuk warga agar tidak melakukan aktivitas di sekitar kali Comal.

Slamet Mahlul, BKSDA Jateng, mengatakan bahwa berita yang muncul di media-media seperti foto buaya tersebut belum bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya, karena pada saat pengecekan ke lokasi dimana saksi dari warga (Kuat Sudiarto warga Kauman, Comal yang katanya melihat buaya tersebut tidak sempat mendokumentasikan/memfoto karena waktunya senja setelah Maghrib pada saat mandi di sungai.
“Begitu melihat langsung bergegas naik ke darat dan mengabarkan kepada warga, ucap Slamet menirukan penuturan Kuat.

Ditambahkan juga bahwa BKSDA beluma belum bisa memastikan kalau satwa yang dilihat oleh warga tersebut betul betul buaya. Namun demikian pihaknya menghimbau kepada warga utk berhati-hati bila melakukan aktivitas di sungai serta menyarankan kepada pemerintah desa utk melakukan perondaan dan bila menjumpai buaya agar melaporkan BKSDA Jateng.

Sementara itu dalam waktu yang sama, dikatakan juga oleh Rahardja dinas LH Pemalang, bahwa dirinya akan melaksanakan pemantauan terlebih dahulu benar atau tidaknya penampakan buaya tersebut. Seandainya benar, harus dicermati apakah intensitasn kemunculannya seperti apa.

“Kami tidak akan gegabah mengambil tindakan seperti apa, sebelum tahu pasti keadaanya. Apapun itu buaya adalah termasuk hewan yang dilindungi,” ucap Raharja. (hape)

Tinggalkan Komentar