COMAL (PuskAPIK) – Untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan memenuhi kebutuhan pokok di kabupaten Pemalang dalam rangka menghadapi bulan Ramadhan 1440H, Pemkab Pemalang melalui OPD terkait mengadakan kegiatan pasar murah tahun 2019, Kamis (16/05).

Bertempat di lapangan olahraga desa Susukan kecamatan Comal kabupaten Pemalang, acara tersebut dihadiri oleh wakil bupati Pemalang H. Martono, Forkopimda Pemalang, OPD lingkungan pemkab Pemalang, ketua TP.PKK kabupaten Pemalang Hj. Irna Setiawati, S.E., M.M., beserta jajaran pengurus, camat se-kabupaten Pemalang, kepala desa se-kecamatan Comal serta masyarakat setempat.

Dalam sambutan bupati Pemalang H. Junaedi yang dibacakan wakil bupati Pemalang H.Martono menyampaikan rasa bangganya melihat semangat dan antusias masyarakat dalam menyambut pasar murah tersebut, semoga semangat tersebut diiringi pula dengan kesadaran yang tinggi untuk tetap bersama-sama mewujudkan keamanan dan ketertiban selama pasar murah berlangsung.

Selanjutnya disampaikan, sebagaimana yang biasa terjadi, untuk memasuki bulan ramadhan dan menjelang hari raya ldul Fitri, harga-harga bahan kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir, minyak goreng, daging, sayur mayur dan lainnya cenderung mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal tersebut disebabkan antara Iain karena tingginya pemintaan dari masyarakat dan efek psikologis dari para pedagang yang menaikkan harga menjelang hari raya ldul Fitri. Kenaikan harga tersebut tentu saja sangat memberatkan bagi masyarakat.

Masih ditambah lagi dengan adanya dugaan kemungkinan terjadinya penimbunan barang kebutuhan pokok oleh sebagian orang, yang menyebabkan terjadinya kelangkaan terhadap sebagian barang kebutuhan pokok masyarakat.

Menyikapi adanya fenomena tersebut, maka Pemkab Pemalang secara rutin menyelenggarakan program Pasar Murah, yang merupakan salah satu bentuk kepedulian pemda untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam memperoleh barang kebutuhan pokok menjelang hari raya ldul Fitri, sekaligus sebagai upaya untuk menahan laju kenaikan harga serta mempersempit kemungkinan adanya penimbunan barang kebutuhan pokok.

Disampaikan pula, bahwa disamping menyediakan barang kebutuhan pokok, pada pasar murah tersebut juga disediakan berbagai produk unggulan yang dihasilkan oleh para petani dan pengrajin di Kabupaten Pemalang.

Lebih lanjut bupati juga menegaskan bahwa stok barang kebutuhan pokok yang disediakan dalam pasar murah tersedia dalam jumlah yang sangat cukup untuk melayani kebutuhan masyarakat. Untuk itu, kepada seluruh pengunjung. Kemudian kepada para pengelola stand, diminta agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Tetaplah sabar dalam melayani setiap pembeli yang selalu ingin diutamakan.

Kepada panitia penyelenggara dan aparat keamanan, diharap untuk melakukan berbagai langkah antisipasi yang diperlukan untuk menciptakan situasi yang kondusif pada pelaksanaan, sehingga pelaksanaan pasar murah dapat berjalan dengan baik dan lancar sampai dengan selesai nanti, serta akan memberikan manfaat dan keuntungan bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Pembukaan pasar murah tersebut dibuka dengan pelepesan balon oleh wakil bupati dan pemotongan untaian melati yang dilaksanakan ketua TP. PKK kabupaten Pemalang, diakhiri dengan melakukan kunjungan ke beberapa stand pasar murah. (hape)

Tinggalkan Komentar