PEMALANG (PuskAPIK) – Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Pemalang berhasil diamankan oleh personil Polres Pemalang dari ancaman warga masyarakat yang berusaha mendudukinya, setelah proses audiensi dengan pimpinan dewan gagal menemui titik temu. Mau tidak mau warga yang berusaha menduduki gedung tersebut harus berhadapan dengan petugas huru hara Polres Pemalang yang sudah siap menghadang dan menghalau massa

Dinformasikan karena merasa tidak puas dengan pelaksanaan dan penghitungan suara pasca pencoblosan pada pemilu legislatif dan pilpres, sekelompok warga masyarakat berusaha masuk ke Gedung DPRD kabupaten Pemalang, untuk melakukan aksi audiensi.

Peristiwa tersebut terjadi saat Polres Pemalang melaksanakan geladi Simulasi Sispamkota dalam rangka Pengamanan Pemilu (Pilpres dan Pileg) tahun 2019, Rabu (20/03). Bertempat di depan Pendopo Kabupaten Pemalang, simulasi yang dipimpin langsung Kapolres Pemalang AKBP Kristanto Yoga Dharmawan S.I.K M Si., melibatkan 5 SST Personil Polres Pemalang, 1 SST Personil Kodim 0711/Pemalang, 2 SST Satpol PP Kabupaten Pemalang 1 SST Linmas.

Latihan simulasi Sispamkota merupakan suatu bentuk konsep operasi pengamanan yang telah ditentukan dengan melakukan langkah-langkah koordinasi lintas sektoral. Selain itu, untuk menyesuaikan potensi gangguan kamtibmas yang akan muncul menjelang, pada saat dan pasca pelaksanaan Pemilu 2019.

Kapolres Pemalang menyampaikan sebelum melaksanakan simulasi pihaknya bersama tim gabungan melaksanakan apel bersama di halaman Kantor Bupati Pemalang  yang melibatkan 310 personil gabungan yang terdiri dari seluruh satuan fungsi Polres Pemalang, Satpol PP, Kodim 0711/Pemalang.

“Hari ini kami mengadakan gladi bersih dan apel sebelum dilakukannya latihan simulasi sitem pengamanan kota, agar nantinya kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar,” kata Kapolres

Dijelaskan kapolres bahwa tujuan simulasi tersebut adalah bagaimana cara kerja sistem pengamanan kota dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat, serta bisa memberikan rasa aman dan nyaman khususnya menjelang masa puncak Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kabupaten Pemalang. Kegiatan simulasi sistem pengamanan kota untuk memberikan jaminan keamanan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pemalang, bahwa Polres Pemalang bersama Kodim Pemalang  Satpol PP, KPU, Bawaslu dan seluruh penyelenggara Pemilu 2019 telah siap mengamankan dan mensukseskan pesta demokrasi yang akan digelar pada 17 April 2019 mendatang.

“Mari kita dukung bersama-sama Pemilu agar tercipta situasi aman, sejuk, damai dan kondusif. Sehingga tidak terjadi permasalahan yang akan menimbulkan konflik di masyarakat,” kata Kapolres.

Selain kapolres Pemalang, Simulasi Sispamkota juga disaksikan Sekda Pemalang Budi Raharjo, Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Edy Supriyadi SS.MM.M.TR.(HAN), Ketua Pengadilan Negeri Pemalang Kadarwoko SH.M.Hum, Kepala kejaksaan Negeri Pemalang Ferizal SH.MM., jajaran KPU, Bawaslu dan perwakilan parpol seta masyarakat Pemalang (hape)

 

Tinggalkan Komentar