COMAL (PuskAPIK) – Setelah beberapa hari yang lalu Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Pemalang mengangkut dan membuang sampah liar yang sangat mengganggu masyarakat sekitar (baca : DLH Angkut Dan Buang Sampah Liar), kini masyarakat bersama jajaran aparat di lingkungan kecamatan Comal kabupaten Pemalang melaksanakan kerja bakti dengan membersihkan dan nerapihkan lokasi bekas pembuangan sampah tersebut, Jumat (15/02).

Tampak Camat Comal Fauzan, Danramil 04/Comal Lettu Cba Supardi, S.H., kapolsek Comal AKP Tarhim, S.H., hadir dan membaur dengan masyarakat ikut bekerja bakti. Dengan membawa alat kerja mereka tanpa dikomando langsung membersihkan lokasi yang sebelumnya dijadikan tempat pembuangan sampah dari siasa-sisa sampah, memotong rumput liar, membersihkan alang-alang di sekitar lokasi dan membuat pagar dari bambu di sepanjang lokasi yang bertujuan agar masyakarakat tidak lagi membuat sampah di tempat tersebut.

Camat Comal Fauzan didampingi danramil 04/Comal Lettu Cba Supardi, S.H., menyampaikan aspirasi setinggi-tingginya kepada masyarakat dan semua instansi yang terlibat atas kepeduliannya dengan lingkungan bersih dan sehat. Disampaikan juga bahwa kedepan setelah diangkut dan dibuangnya sampah tersebut oleh DLH, diharapkan akan adanya keberlanjutan menjaga kebersihan, keindahan dan kesehatan di lokasi tersebut. Tidak hanya dari pemerintah atau dinas terkait saja, namun juga dari masyarakat luas di kecamatan Comal.

“Kesadaran Tidak Buang Sampah Sembarangan Harus Tumbuh Dari Diri Sendiri,” kata Fauzan.

Dijelaskan juga bahwa pemerintah kecamatan Comal juga sudah melakukan koordinasi dengan DLH untuk mengatasi nasalah sampah di wilayah kecamatan Comal. Fauzan juga menjelaskan bahwa pihaknya sudah mewacanakan akan membuat tempat pembuangan sampah (tps) yang lokasinya berada di belakang grosir Comal, masuk wilayah kelurahan Purwoharjo kecamatan Comal.

“Kami merencanakan akan menyediakan lahan milik pemkab Pemalang, yaitu eks bengkok kelurahan Purwoharjo. Kebetulan kelurahan Purwoharjo akan memperluas lahan pemakaman, jadi sekalian pembuatan tps,” jelas Fauzan.

Warga juga sangat antusias dalam membersihkan tersebut. Bahkan warga berinisiatif membuat pagar keliling menggunakan bambu dilokasi pembuangan tersebut.

“Tujuan membuat pagar, agar masyarakat yang hendak membuang sampah di tempat tersebut tudak bisa. Minimal ada rasa malu karena sudah dibuat pagar,” ujar Ridwan salah satu warga yang ikut membuat pagar.

Kerja bakti juga diikuti oleh staf kecamatan, anggota Polsek Comal, Koramil Comal, kepala desa/keluran dan perangkat dari Purwoharjo, Sikayu, Purwosari, Sidorejo dan masyarakat lingkungan Grosir itu sendiri. (hape)

Tinggalkan Komentar