KALIMAS (PuskAPIK) – Bupati Pemalang H. Junaedi kembali melaksanakan peresmian beberapa proyek di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang, Rabu (06/02).

Dipusatkan di Puskesmas Kalimas, kecamatan Randudongkal kabupaten Pemalang , acara peresmian selain dihadiri bupati juga wakil bupati Pemalang H. Martono, para Forkopimda, Sekda Pemalang Drs. Budhi Rahardjo, para OPD, serta tamu undangan lainnya.

Sesampai di tempat acara, bupati bersama rombongan langsung disambut masyarakat setempat terutama para ibu, untuk berjabat tangan dan berfoto bersama.

Dalam sambutannya bupati menyampaikan bahwa dirinya sudah sudah meresmikan 36 (tiga puluh enam) buah proyek di lingkungan pemkab Pemalang, mulai dari tahap I sampai IV.

“Tinggal enam proyek tahap V dan VI yang akan saya resmikan hari ini dan esok,” kata bupati mengawali sambutannya.

Terdapat tiga proyek yang akan diresmikan pada hari ini (Rabu, 06/02) yaitu dua proyek di Kecamatan Randudongkal meliputi Rehabilitasi Puskesmas Randudongkal dan Rehabilitasi Puskesmas Kalimas serta satu proyek di Kecamatan Warungpring yakni Rehabilitasi Daerah Irigasi Tracak di Desa Pakembaran, yang bersumber dari APBD tahun 2018.

Lebih lanjut bupati menyampaikan bahwa sarana pelayanan kesehatan dasar puskesmas telah terdapat di semua kecamatan se Kabupaten Pemalang. Penyediaan fasilitas kesehatan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu kesehatan masyarakat, dan menjadi kewajiban pemerintah untuk menyediakan fasilitas layanan kesehatan yang layak bagi setiap warga.

Fasilitas fisik merupakan salah satu ukuran untuk melakukan penilaian terhadap kinerja Puskesmas sehingga dapat mempengaruhi kepuasan terhadap kunjungan ke puskesmas.

Untuk itu, rehabilitasi puskesmas dirasa sangat penting mengingat puskesmas merupakan salah satu unsur vital bagi masyarakat. Menyadari pentingnya puskesmas dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, maka berbagai masalah atau kekurangan dalam penyelenggaraan pelayanan puskesmas perlu diperbaiki. Disadari, untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang ideal di puskesmas, membutuhkan penyediaan dana yang cukup besar, namun Pemerintah Kabupaten Pemalang selalu berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan dan perbaikan kualitas puskesmas baik iisik maupun sumber daya manusianya.

Bupati menyampaikan apresiasinya kepada kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang yang telah ikut mengawal pelaksanaan proyek-proyek tersebut hingga selesai dan dapat diresmikan.

Bupati berharap kepada Kepala Puskesmas Randudongkal dan Kepala Puskesmas Kalimas beserta seluruh jajarannya, agar pembangunan fasilitas kesehatan tersebut diikuti pula dengan peningkatan kualitas pelayanan, sehingga tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di puskesmas dapat meningkat dan berdampak kepada derajat kesehatan masyarakat di Kecamatan Randudongkal.

Bupati juga meresmikan rehabilitasi Daerah lrigasi (DI) Tracak yang merupakan proyek prioritas pada APBD 2018, yang berada di desa Pakembaran kecamatan Warungpring.

“Semoga dengan difungsikannya kembali Daerah Irigasi Tracak ini, dapat membantu masyarakat di sekitar Desa Pakembaran dalam memperoleh sumber air khususnya untuk kegiatan pertanian maupun kegiatan masyarakat yang lain,” harap bupati.

Bupati juga menghimbau kepada kepala desa Pakembaran dan segenap masyarakat sekitar, untuk menjaga dengan baik infrastruktur tersebut supaya dapat dimanfaatkan secara optimal.

Usai sambutan bupati meresmikan puskesmas Kalimas dengan menandatangani prasasti, dan pemotongan untaian melati yang dilakukan oleh wakil bupati Pemalang H. Martono. (hape)

Tinggalkan Komentar