COMAL (PuskAPIK) – Kesadaran pola hidup sehat bagi masyarakat kalangan lanjut usia (lansia) di kecamatan Comal kabupaten Pemalang tergolong tinggi. Hal tersebut terbukti dengan ikut sertanya posyandu lansia Melati desa Pecangakan kecamatan Comal kabupaten Pemalang menjadi peserta
3 besar Penilaian lapangan Evaluasi Posyandu Lansia tergiat tahun 2018, tingkat kabupaten Pemalang, bersama dua desa lainnya dari kecamatan watukumpul dan Warungpring, Selasa (15/05).

Bertempat di dusun Bendo desa Pecangakan kecamatan Comal kabupaten Pemalang, tepatnya di Posyandu Lansia Melati rt.01 rw.01, kegiatan dihadiri oleh Camat Comal Slamet Suwito, ketua TP PKK kecamatan Comal Tri Nurhayati, kepala desa Pecangakan Edi, ketua TP PKK desa Pecangakan Rokhmah, tim penilaian evaluasi (Dinas kesehatan, dinas sosial, dispermades, dan Forum Pemalang Sehat), tim puskesmas Purwoharjo Comal dan para lansia posyandu Melati desa Pecangakan.

Camat Comal Slamet Suwito dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat lansia desa Pecangakan yang telah dengan sadar melaksanakan kebutuhan dasar bagi masyarakat, yaitu hidup sehat.

Disampaikan juga bahwa penilaian lansia kali ini bukanlah target akhir berdirinya posyandu lansia, melainkan kepedulian dan kesadaran untuk hidup sehat dikalangan masyarakat usia lanjut di wilayah kabupaten Pemalang secara umum.

Dalam kesempatan yang sama, Kasi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang Wiji Mulyati, S.KM., sebagai Tim penilaian lapangan evaluasi posyandu lansia tergiat tahun 2018 kabupaten Pemalang, menyampaikan bahwa penilaian tersebut bertujuan untuk menghasilkan program posyandu lansia tergiat, baik dari pelaksanaan maupun segi adminstrasi. Ditambahkan bahwa dari hasil penilaian tersebut , posyandu lansia tergiat akan mewakili kabupaten Pemalang untuk dinilai pada tingkat Propinsi Jateng bersama 35 kabupaten/kota lainnya.

Sementara itu, Bidan desa Pecangakan, Susi Meiningrum, A.md., Keb., menjelaskan posyandu Lansia Melati desa Pecangakan sudah terbentuk sejak tahun 2013. Susi menuturkan bahwa keberadaan Posyandu lansia di desa Pecangakan diprakarsai oleh masyarakat, dilaksanakan masyarakat dan untuk masyarakat. Kesadaran membutuhkan pelayanan kesehatan bagi lansia inilah yang membuat posyandu lansia MELATI desa Pecangakan masih tetap ada dan semakin meningkat kebutuhan dasar hidup sehatnya.

“Menang atau kalah dalam penilaian ini, posyandu lansia ini tetap berjalan seperti biasanya, memberikan pelayanan kepada masyarakat lanjut usia di desa Pecangakan,” jelas Susi optimis.

Ditambahkan juga, Jumlah kader Posyandu Lansia Melati Desa Pecangakan ada 5 (lima) kader yang terdiri dari: 2 orang kader lansia, 2 orang kader Gizi dan 1 orang kader lingkungan.

Kegiatan Posyandu Lansia Melati Desa Pecangakan dilaksanakan 1 bulan sekali setiap tanggal 5 yang bertujuan untuk meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia. Disebutkan juga bertujuan untuk mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan, disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

Posyandu Lansia MELATI desa Pecangakan kecamatan Comal sesuai data yang berhasil dihimpun sebanyak 91 orang terdiri dari 24 orang pra lansia, yaitu usia 45-59 tahun, 34 orang lansia yaitu usia 60-69 tahun dan 34 orang lansia Resti (resko tinggi).

Lebih jauh dijelaskan bahwa kegiatan rutin yang sudah berjalan yaitu pemeriksaan kesehatan secara berkala, teratur gizi, dan pemberian suplemen vitamin.

Adapun olah raga lansia yang sudah dilaksanakan adalah senam diabet, senam jantung sehat dan senam sendi. (hape)

Tinggalkan Komentar