Kendalikan Harga Sembako, Dindagkop-UKM Kota Pekalongan Gelar Pasar Murah di 28 Lokasi

Warga sedang berbelanja di salah satu pasar di Kota Pekalongan. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO
Iklan

PUSKAPIK.COM, Kota Pekalongan – Sebagai upaya mengendalikan harga bahan pokok di pasaran saat Ramadhan, Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop-UKM) Kota Pekalongan menggandeng Perum Bulog Bondansari Divre VI menggelar Operasi Pasar Murah di sejumlah lokasi.

Kepala Bidang Perdagangan Dindagkop-UKM Kota Pekalongan Sri Haryati menyebutkan bahwa Operasi Pasar Murah bakal dilaksanakan di 28 titik di 27 kelurahan dan 1 titik lokasi pusat lainnya. Pelaksanaan operasi pasar tetap mengedepankan protokol kesehatan secara ketat.

“Untuk operasi pasar murah rencananya kami laksanakan pada saat bulan puasa bekerja sama dengan Bulog di 28 titik lokasi. Namun untuk tanggalnya kami tengah susun jadwalnya di tiap-tiap kelurahan dan 1 lokasi pusat kemungkinan di Lapangan Mataram,” katanya, Jumat, 9 April 2021.

Dijelaskan, stok sembako di Kota Pekalongan masih aman untuk 3-5 bulan ke depan, sehingga selama Ramadhan hingga Idul Fitri masih mampu mencukupi kebutuhan pangan warga. Stok sembako di Kota Pekalongan biasanya mengambil dari luar daerah seperti dari daerah Semarang, Brebes, Cirebon, dan beberapa daerah di Jawa Timur.

Kendati stok cukup, Operasi Pasar Murah ini dilakukan untuk membantu masyarakat, khususnya kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan selama Ramadan dan Idul Fitri 2021 di tengah pandemi. Haryati memprediksi harga sembako melonjak saat bulan puasa karena banyak diburu masyarakat seperti telur ayam, cabai, dan daging ayam. Haryati berharap meskipun nantinya mengalami kenaikan, tetapi masih dalam batas wajar.

Menurutnya, tim gabungan pantauan harga juga akan terus rutin mengecek harga dan stok di 3 pasar besar di Kota Pekalongan yakni di Pasar Banjarsari, Pasar Grogolan, dan Pasar Banyurip.

“Saat ini kami bersama dinas terkait lainnya seperti Dinperpa, Dinkes, Setda Bagian Perekonomian, Prokompim Setda, DKP tengah fokus melaksanakan kegiatan sidak pengawasan barang beredar mulai tanggal 5-12 April mendatang yang menyasar ke sejumlah pasar, toko, swalayan, mal, hingga agen elpiji, SPBU, dan sebagainya untuk memberikan keamanan kepada masyarakat sebagai konsumen dalam berbelanja kebutuhan jelang Ramadhan,” katanya.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

Iklan

Tinggalkan Balasan