Lapas Pekalongan Dirazia, Kenapa?

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Sebagai upaya memberantas dan mencegah peredaran gelap narkoba di dalam tahanan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekalongan dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Pekalongan menggelar razia serentak terhadap kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) .

Razia ke seluruh blok tahanan itu dibantu oleh Aparat Penegak Hukum (Apgakum) dari jajaran Polres Pekalongan Kota, Kodim 0710/Pekalongan dan BNN Kabupaten Batang, Rupbasan dan Bapas Pekalongan, Selasa tadi malam 6 April 2021.

Selain razia narkoba, petugas juga merazia benda-benda larangan seperti gunting,pisau,HP,dan benda berbahaya lainnya. Petugas gabungan secara ketat menggeledah satu per satu barang bawaan WBP. Tak ada satu pun barang atau bagian kamar yang luput dari pemeriksaan oleh petugas.

Kalapas Kelas IIA Pekalongan, Agus Heryanto menyampaikan, razia serentak ini dalam upaya memberantas adanya peredaran narkoba yang masih dikendalikan di lingkungan Lapas maupun Rutan yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, masih dalam Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57 Tahun 2021, pihaknya berharap jajaran Pemasyarakatan khususnya Lapas Kelas IIA Pekalongan bisa mewujudkan zero narkoba.

“Dalam pelaksanaan razia atau penggeledahan ke seluruh blok tahanan ini sebagai langkah keseriusan kami untuk terus berkomitmen memberantas peredaran narkoba khususnya di Lapas Kelas IIA Pekalongan bersama aparat penegak hukum dari kepolisian Polres Pekalongan Kota,TNI Kodim 0710/Pekalongan,BNN Kabupaten Batang, Rupbasan dan Bapas Pekalongan,” terang Kalapas Agus.

Kalapas Agus menyebutkan sebanyak 228 orang WBP Lapas Kelas IIA Pekalongan, 50 persen diantaranya adalah kasus narkoba yang mayoritas tahanan dari Semarang dan luar daerah lainnya. Dalam razia malam ini, petugas ternyata tidak menemukan barang haram narkoba. Bahkan, dari 17 WBP Lapas yang terindikasi narkoba pun saat dilakukan tes urin, hasilnya keluar negatif (nihil). Petugas gabungan hanya mendapati puluhan sendok stainless, piring,korek api,silet,gantungan baju yang langsung disita oleh petugas.

“Seluruh blok hunian WBP kami bersama petugas gabungan periksa, tidak ditemukan adanya barang haram narkoba. Barang-barang yang ditemukan dalam razia serentak ini hanyak sendok,piring,korek api, silet, dan gantungan baju yang kami sita. Sendok stainless kami amankan karena dikhawatirkan akan dimodifikasi menjadi senjata tajam yang membahayakan penghuni lainnya,”tegas Kalapas Agus.

Karutan Kelas IIA Pekalongan melalui Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, Tavip Imam Haryanto menjelaskan, razia serentak yang menyasar seluruh badan maupun kamar hunian WBP ini merupakan upaya untuk bergerak bersama memberantas peredaran narkotika di lingkungan Lapas maupun Rutan sesuai instruksi dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM. Seperti halnya di Lapas, dari hasil razia penggeledahan barang WBP tersebut, Rutan Kelas IIA Pekalongan dinyatakan steril (zero) dari peredaran obat-obatan terlarang dan narkotika.

“Alhamdulillah kami dari Rutan Kelas IIA Pekalongan dibantu jajaran Polres Pekalongan Kota, Kodim 0710/Pekalongan,BNN Batang, dan Bapas melaksanakan razia ke seluruh badan maupun kamar hunian WBP yang dimulai pukul 20.30-22.00 WIB. Hasil malam ini Rutan steril dari obat-obatan terlarang,petugas hanya menemukan barang bawaan seperti batu,korek api gas,sabuk,karet gelang, tali, sendok stainless,kartu domino,gantungan baju, pinset, pisau cukur, sikat gigi, batu baterai,dan sebagainya,” pungkasnya.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan