Pagi Ini, Laskar Patih Sampun Geruduk DPU TR dan Disperkim Pemalang, Ada Apa?

Pagi ini, Rabu 7 April 2021, Kantor DPU TR dan Disperkim Pemalang nampak dijaga ketat oleh aparat kepolisian. Aksi Laskar Patih Sampun masih berlangsung.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Pagi ini, Rabu 7 April 2021, Laskar Patih Sampun menggeruduk Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang ( DPU TR) Pemalang dan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Pemalang.

Mereka menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor DPU TR dan Disperkim Pemalang, atas mencuatnya dugaan jual beli proyek dan transparansi proyek bedah rumah.

Sebelumnya, Koordinator Laskar Patih Sampun, Andi Rustono, saat dihubungi puskapik.com, Selasa malam, 06 April 2021, membenarkan rencana aksi unjuk rasa tersebut.

“Iya benar, besok kita akan menyampaikan pendapat secara terbuka di kantor DPUTR dan Dinas Perkim. Aksi kami lakukan dengan peserta terbatas dan protokol kesehatan yang ketat,” kata Andi.

Dikatakan Andi, aksi ini dilakukan sebagai bentuk keprihatinan atas beredarnya informasi terkait dugaan jual beli proyek penunjukan langsung pada Dinas PUTR dan dugaan penyimpangan proyek bedah rumah pada DInas Perkim.

“Kami prihatin dan kecewa, di saat jalan rusak dan warga mengharapkan agar segera diperbaiki, ratusan proyek diperjualbelikan seperti dagangan di pasar,” katanya.

Andi mensinyalir, dugaan jual beli proyek dilakukan oleh oknum yang menjadi makelar proyek, bahkan menguasai proyek-proyek di DPUTR.

“Dari informasi yang kami terima, proyek diperjualbelikan dengan fee 10-12 persen dari nilai proyek tersebut. Kami akan meminta penjelasan kepada dinas terkait, apa benar seperti itu?,” ujarnya.

Andi berharap, selain aksi yang dilakukan oleh kelompoknya, agar nantinya temuan tersebut ditindaklanjuti oleh aparat penegak hukum (APH).

“Kami mendorong agar persoalan ini nantinya diusut secara tuntas. Jika benar memenuhi unsur tindak pidana korupsi, siapapun pelakunya harus diproses secara hukum,” jelas Andi.

Dalam pantauan Puskapik.com, pagi ini, Rabu 7 April 2021, Kantor DPU TR dan Disperkim Pemalang nampak dijaga ketat oleh aparat kepolisian. Aksi Laskar Patih Sampun masih berlangsung.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan