Jelang Ramadan, Jadiah Konsumen Cerdas Saat Berbelanja

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Menjelang Bulan Ramadan, masyarakat harus hati-hati saat berbelanja dengan memperhatikan waktu kadaluarsa makanan, minuman serta kondisi kemasan produk.

Masyarakat diminta menjadi konsumen cerdas dalam membeli makanan dan minuman kemasan menjelang bulan puasa. Itu dilakukan untuk menghindari masih banyaknya makanan dan minuman kadaluarsa yang dijual.

Itu disampaikan Tim Pengawas Barang Beredar, Pemkot Pekalongan Sri Haryati, Selasa 6 April 2021.

“Mendekati Ramadan ini kami mengingatkan masyarakat Kota Pekalongan agar semakin berhati-hati serta teliti saat membeli barang kebutuhannya agar tidak tertipu dengan harga murah tetapi kualitas tidak terjamin. Banyak masyarakat yang belum bertindak sebagai konsumen cerdas. Karena kurangnya pemahaman hak dan kewajiban dari konsumen atau pembeli,” terangnya.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya saat melakukan pengawasan barang beredar, jelang Ramadan, di pasaran masih sering ditemukan makanan dan minuman kadaluarsa yang dipajang di toko maupun swalayan. Tidak hanya masa kadaluarsa saja, masyarakat juga dimnta memperhatikan penggunaan bahan-bahan serta kondisi kemasan.

Haryati menyebutkan,berbagai temuan produk makanan tersebut antara lain penggunaan pewarna tekstil, pencampuran formalin pada makanan yang seharusnya bahan itu dilarang digunakan untuk bahan campuran makanan.

Untuk memberikan keamanan kepada masyarakat sebagai konsumen, menjelang Ramadan, pihaknya melakukan sidak ke sejumlah pasar, toko, swalayan, mall, hingga agen SPBU mengenai pengawasan barang beredar di pasaran mulai 5-12 April 2021.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini