TMMD Tahap I 2021 Rampung, Kodim Serahkan ke Pemkab Pemalang

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Kodim 0711/Pemalang menutup dan menyerahkan proyek hasil TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2021 kepada Pemerintah Kabupaten Pemalang, Rabu, 31 Maret 2021. Diharapkan hasil TTMD dapat membantu mempercepat pembangunan daerah dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Penutupan dan penandatanganan prasasti proyek fisik TMMD digelar di Aula Makodim 0711/Pemalang dan dihadiri Wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat serta jajaran Forkopimda.

Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan, menyampaikan, TMMD adalah wujud pengabdian TNI bersama dinas/instansi di lembaga terkait, serta komponen bangsa lainnya untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah.

“Kegiatan TMMD ini baik yang bersifat fisik maupun nonfisik telah dapat dilaksanakan dengan baik, tepat waktu dan sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan. Adapun sasaran pelaksanaan TMMD adalah berkembangnya kesamaan visi dan misi antaraparatur pemerintah di daerah bersama para tokoh masyarakat untuk terwujudnya semangat kebersamaan, gotong-royong dan rasa kekeluargaan serta partisipasi aktif masyarakat dalam membangun daerahnya,” kata Dandim.

Ia berpesan, khususnya kepada anggota Satgas TMMD dan segenap masyarakat, untuk selalu memelihara semangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI-Polri dan Rakyat. Ia mengimbau, agar tak mudah terprovokasi oleh pihak mana pun yang bertujuan merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

Wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat, menambahkan, TMMD merupakan bagian kebersamaan serta gotong-royong TNI, pemerintah, serta masyarakat untuk mendukung program pembangunan. Menurutnya, TMMD memberikan dampak luar biasa untuk memajukan desa dengan menggali dan mendayagunakan potensi yang ada di masyarakat.

“Melalui TMMD ini mari kita gulirkan lagi semangat kolektivitas untuk mengatasi semua permasalahan diperlukan langkah akselerasi, inovasi, sinergitas, kerja keras serta komitmen bersama yang kokoh,” kata Mansur.

Proyek fisik TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2021 meliputi pembangunan infrastruktur jalan rabat beton sepanjang 700 meter, tinggi 15 sentimeter dan lebar 3 meter, di Desa Blimbing, Kecamatan Ampelgading, Pemalang.

Jalan yang menghubungkan 2 desa yaitu Desa Blimbing, Kecamatan Ampelgading, dengan Desa Widodaren, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang. Saat ini sudah bisa digunakan masyarakat dan juga mempermudah akses pertanian setempat.

Selain itu, ada pula sasaran fisik tambahan berupa bedah rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 2 unit. Kemudian, untuk sasaran nonfisik yaitu penyuluhan bahaya narkoba, Covid-19 serta sosialisasi pembatasan pemberlakuan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro.

Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap 1 Tahun 2021 ini dilaksanakan selama 30 hari, sejak 2 sampai 31 Maret 2021.

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini