Klaster Piknik Purbalingga, Satu RW di Tegal, 46 Positif Corona

0
Dua warga Desa Penusupan yang merupakan bapak dan anak menjalani isolasi mandiri di rumahnya, Senin siang, 29 Maret 2021.FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Tegal – Jumlah warga Desa Penusupan, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, yang terpapar Covid-19 usai berwisata ke Purbalingga, bertambah dari 21 orang menjadi 46 orang yang positif.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tegal, Joko Wantoro mengatakan, jumlah warga yang positif Covid-19 dari klaster kelompok senam di Desa Penusupan bertambah 25 orang.

“Dari hasil swab yang sudah keluar hari Sabtu, 27 Maret 2022, total yang terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah menjadi 46 orang,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tegal, Joko Wantoro, Senin siang, 29 Maret 2021.

Sebelumnya, sejak Sabtu, 20 Maret 2021, Dinas Kesehatan bersama puskesmas sudah melakukan tracing dan tes swab terhadap 67 orang setelah ada satu orang yang positif Covid-19 usai piknik ke obyek wisata Dino Land, Kabupaten Purbalingga.

Dari jumlah itu, 18 orang positif dengan delapan di antaranya harus dirawat di rumah sakit dan sisanya menjalani isolasi mandiri. Satu orang berinisial W (40) meninggal dunia saat menjalani perawatan di RSUD ds Soeselo.

‎”Untuk satu orang yang pertama kali diketahui positif meninggal dunia saat dirawat di RSUD dr Soeselo,” terang Joko.

Joko mengatakan, Dinas Kesehatan dan puskesmas masih melakukan tracing dan tes swab terhadap kontak erat warga yang positif. Namun hal itu menemui kendala.

“Tracing masih dilakukan, tapi ada kendala beberapa orang menolak untuk dilakukan tes swab‎. Ini perlu pendekatan lebih intensif dari Dinas Kesehatan dan puskemas,” ujar Joko.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 18 orang di Kabupaten Tegal, terpapar Covid-19 usai pulang berwisata. Satu orang di antaranya meninggal. Mereka adalah kelompok senam yang tinggal dalam satu RW 8 di Desa Penusupan, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal, Eko Budi Prasrianto Prabowo‎ mengatakan, 19 orang yang positif Covid-19 tersebut merupakan warga Desa Penusupan, Kecamatan Pangkah.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini