Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Pemkab Galakkan Program Sharing Buku Kendal

0
Seorang warga Kendal menyumbangkan buku-buku di mobil dinas Diskominfo Kendal dan berkeliling mencari donasi buku. FOTO/PUSKAPIK/HERMAWAN

PUSKAPIK.COM, Kendal – Pemerintah Kabupaten Kendal menggalakkan program Sharing Buku Kendal, sebuah program yang mengajak masyarakat untuk mendonasikan buku yang dimiliki, agar dimanfaatkan masyarakat lain yang membutuhkan melalui perpustakaan-perpustakaan.

“Program ini dilaksanakan sesuai dengan kebijakan Bupati Kendal Dico Ganinduto, yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kendal,” kata Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Kendal Achmad Ircham, Senin, 29 Maret 2021.

Disampaikan, Sharing Buku Kendal dilakukan dengan membuka layanan perpustakaan keliling, yang menyediakan tempat-tempat drop your book. Jadi, masyarakat bisa memanfaatkan layanan perpustakaan keliling dengan membaca buku-buku yang tersedia, sekaligus bisa menyumbangkan (mendonasikan) buku-buku yang dimilikinya.

“Kegitan ini sudah kami lakukan sepekan, yang dilaksanakan di beberapa tempat strategis di Kendal. Sementara kita mendapat ratusan sumbangan buku berbagai jenis,” katanya.

Ditambahkan, masyarakat juga dapat mendonasikan buku secara langsung di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Kendal. “Kegiatan Sharing Buku Kendal ini juga dibuka setiap hari kerja di Perpustakaan Umum Kabupaten Kendal, sehingga masyarakat dapat mendonasikan buku yang dimiliki secara langsung di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Kendal,” katanya.

Untuk ke depannya, lanjut Achmad Ircham, Pemkab Kendal akan menyiapkan tempat, seperti kotak di beberapa tempat strategis agar masyarakat bisa lebih mudah saat mendonasikan buku tersebut.

Edi Prayitno, warga Kaliwungu Kendal, mendukung gerakan tersebut. Menurutnya, anak-anak dan generasi muda sekarang sudah banyak meninggalkan dan melupakan buku. Padahal, buku tidak bisa digantikan oleh teknologi digital apapun.

“Kalau kita baca buku, pasti fokus untuk satu tujuan. Kalau kita mencari suatu informasi dengan gawai, kita akan kurang fokus. Manfaatnya akan lain,” katanya.

Penulis: Hermawan
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini