Sri Mulyani Berharap Kawasan Industri Kendal Percepat Pemulihan Ekonomi

0
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat kunjungan di Kendal Kamis, 25 Maret 2021 didampingi Bupati Dico M Ganinduto. FOTO/PUSKAPIK/HERMAWAN

PUSKAPIK.COM, Kendal – Menteri Keuangan RI Sri Mulyani mengatakan, setahun pandemi Covid-19 melanda Indonesia membuat berbagai sektor terdampak, utamanya pariwisata, UMKM dan industri. Kondisi ini juga memukul kegiatan sosial masyarakat hingga saat ini.

Sri Mulyani meminta para kepala daerah untuk fokus pada pemulihan, dengan komando dari Pemerintah Pusat. “Kita berharap untuk pemulihan, tiap daerah terus memonitor perekonomian dengan seksama di masa pandemi. Lakukan terus upaya-upaya pemulihan, sehingga nantinya perekonomian kembali normal secara perlahan,” kata Sri Mulyani saat mengunjungi Kendal, Kamis, 25 Maret 2021.

Sri Mulyani mengakui banyak perubahan di Kabupaten Kendal. Seperti adanya Kawasan Industri Kendal yang bekerja sama dengan Pemerintah Singapura, diharapkan mampu membantu pemulihan perokonomian di Kendal, bahkan Jawa Tengah.

“Bupati harus melihat konsep kawasan tersebut dengan membandingan di Batam terkait keberhasilan dan kegagalnya. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai tenaga kerja berasal dari luar, sehingga terjadi dinamika sosial dan harus mengamankan bahwa masyarakat Kendal ikut memiliki kawasan industri,” kata menteri asal Semarang ini.

Sementara, Bupati Kendal Dico M Ganinduto memastikan daerahnya menyiapkan berbagai langkah untuk mengatasi pandemi, termasuk memulihkan perekonomian warga akibat dari pandemi.

“Yang akan dilakukan adalah menguatkan struktur ekonomi Kendal melalui dominasi industri, mendorong kontribusi sektor pariwisata, optimalisasi UMKM, ekonomi kreatif, serta pertanian dan perikanan. Selain itu, memperkuat desa melalui pembangunan daerah yang menjadikan desa sebagai subjek utamanya. Membangun keterpaduan infrastruktur,” kata Bupati Kendal saat menerima kunjungan spesifik Kementerian Keuangan dan Komisi XI DPR RI.

Dico menjelaskan ada tiga skenario pemulihan ekonomi Kabupaten Kendal yakni fokus pada tenaga kerja di berbagai sektor usaha dan menghidupkan kembali UMKM yang terdampak Covid-19. “Untuk pemulihan kita fokus pada penyerapan tenaga kerja di sektor industri membuka bidang bisnis, berinvestasi dan membuka industri besar. Sedangkan untuk percepatan pertumbuhan kita akan fokus pada kelanjutan dari program pemulihan dan sektor ekonomi lainnya, mencakup percepatan dalam pengembangan infrastruktur,” tuturnya.

Dalam kunjungan spesifik ini difokuskan pada UMKM dan infrastruktur. Di Kendal sudah ada beberapa UMKM yang mendapatkan bantuan dari kementerian keuangan. Harapannya bantuan ditingkatkan lagi untuk membangkitkan dan meningkatkan UMKM di Kendal dan infrastruktur untuik menunjang industri.

Penulis: Hermawan
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini