Seleksi POPNAS, Disporapar Jateng Jamin Tak Ada Atlet Titipan

0
Seleksi voli indoor putri untuk atlet POPNAS Jateng di GOR Jatidiri Semarang, Rabu, 24 Maret 2021. FOTO/PUSKAPIK/ISMOE

PUSKAPIK.COM, Semarang – Ratusan atlet pelajar dari seluruh Jawa Tengah, Rabu, 24 Maret 2021, menjalani seleksi untuk masuk sebagai kontingen Jateng dalam Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI yang akan berlangsung di Sumsel-Babel, Agustus 2021 mendatang.

Seleksi berjalan ketat. Para atlet terbaik yang dikirim tiap kota dan kabupaten di Jateng harus bersaing dengan para atlet yang sebelumnya sudah digembleng di Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLOP) Jateng yang berpusat di Semarang.

Kasie Olahraga Pendidikan dan Olahraga Prestasi Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng Purdianto menjamin, seleksi akan berjalan fair dan objektif. Dia memastikan tidak ada atlet titipan dari siapa pun dan mana pun. “Saya akan beri sanksi pada pelatih apabila terbukti menerima titipan atlet. Semua saya pastikan berjalan fair,” katanya ditemui di GOR Jatidiri Semarang saat menyaksikan seleksi untuk cabor voli indoor.

Untuk seleksi tahap pertama, pekan ini akan diseleksi atlet dari 6 cabor. Yakni atletik, voli indoor, voli pasir, tenis meja, tenis lapangan, dan sepak takraw.

Atletik akan diseleksi sebanyak 50 atlet pelajar dari seluruh Jateng, lalu atlet bola voli pasir 32 atlet, voli indoor 70 atlet, sepak takraw 10 atlet, tenis meja 22 atlet dan tenis lapangan 10 atlet.

Untuk seleksi atletik akan berlangsung di Lapangan Tri Lomba Juang Semarang, Kamis, 25 Maret 2021 pukul 06.00 WIB. Sementara Voli Indoor, Voli Pasir, Sepak Takraw, Tenis Meja dan Tenis Lapangan seleksi akan dilaksanakan di Kawasan GOR Jatidiri, Rabu, 24 Maret 2021 pukul 08.00 WIB dan Kamis 25 Maret 2021.

“Untuk kuota atlet tiap-tiap cabor masih dikoordinasikan oleh para pelatih penyeleksi. Seleksi akan dilakukan dengan cermat untuk memilih atlet terbaik mewakili Jateng di Popnas. Bahkan atlet yang selama ini digembleng di PPLOP Jateng tidak otomatis mewakili Jateng di Popnas, tetap harus ikut dan lolos seleksi,” katanya.

Setelah tahun lalu tak digelar karena pandemi Covid-19, Popnas kembali dilaksanakan 2021. DisporaparJawa Tengah melakukan seleksi atlet.

Kadisporapar Jateng Sinoeng N Rachmadi mengatakan, Kementerian Pemuda dan Olahraga memastikan Popnas XVI tahun 2021 akan berlangsung di Sumsel dan Bangka Belitung pada Agustus mendatang. Sebanyak 24 cabor direncanakan dipertandingkan dalam even tahunan tersebut. Karena itu, pihaknya segera menggelar seleksi atlet.

“Kita (Jateng) rencananya akan mengikuti semua cabor. Namun seleksi atlet dilakukan bertahap sesuai rekomendasi Gugus Tugas Covid-19 Jateng. Pada tahap pertama akan dilaksanakan seleksi sebanyak 6 cabor, selanjutnya menunggu komando Gugus Tugas,” kata Sinoeng.

Penulis: Ismoe
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini