Jenarsari Kendal Didorong Jadi Desa Wisata Pencak Silat

0
Ratusan pesilat anak-anak hingga remaja setiap hari berlatih pencak silat di Desa Jenarsari, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal. FOTO/PUSKAPIK/HERMAWAN

PUSKAPIK.COM, Kendal – Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengapresiasi Desa Jenarsari, Kecamatan Gemuh yang aktif melestarikan budaya dan olahraga pencak silat. Di desa ini, pencak silat menjadi olahraga turun temurun dan bertahan hingga sekarang.

Desa Jenarsari telah memiliki banyak atlet pencak silat yang sering mengharumkan Kabupaten Kendal di berbagai even hingga ke tingkat nasional. Di desa ini terdapat padepokan pencak silat yang terus berkembang dengan membina pesilat hingga anak-anak yakni Persahabatan Setia Hati Terate (PSHT) cabang Kendal.

Dengan potensi yang dimiliki Desa Jenarsari, bupati berencana membuat Desa Jenarsari menjadi Desa Wisata Pencak Silat dan bisa menjadi ikon bagi Kabupaten Kendal.

“Lingkungan ini sangat penting untuk membentuk karakter bangsa dan saya melihat jika desa ini sudah sangat baik dalam pembinaan. Apalagi nanti jika desa ini dijadikan desa wisata pencak silat,” kata Dico.

Pemkab Kendal sedang berkoordinasi dengan berbagai stakeholdres untuk mewujudkan rencana Desa Jenarsari sebagai Desa Wisata Pencak Silat. Bupati turut mengharapkan agar Desa Jenarsari nantinya bisa menggandeng daerah lain, terutama yang sudah maju pencak silatnya untuk melahirkan atlet silat berkualitas.

Dico juga mengapresiasi Anggota DPR RI Mujib Rohmat yang memberikan perhatian untuk kemajuan Kabupaten Kendal. Politikus Partai Golkar ini juga ikut mendorong Desa Jenarsari untuk menjadi Desa Wisata Pencak Silat.

Mujib mengatakan, DPR dan pemerintah sedang mengkaji revisi Undang-Undang tentang Sistem Keolahragaan Nasional. “Menpora atas arahan Presiden membuat rencana Sistem Keolahragaan Nasional agar pengelolaan olahraga nasional terintegrasi dan meminimalisir kelemahan mulai dari pembinaan dan kualitas atlet, sarana prasarana olahraga,” ujarnya.

Sementara Ketua Umum PSHT Supriyadi menyampaikan, latar belakang keinginan Jenarsari menjadi Desa Wisata Kampung Silat. Menurutnya, secara kearifan lokal masyarakatnya cinta dengan pencak silat.

“Kita kemudian berkoordinasi dengan pemerintah desa dengan membentuk Pokdarwis. Selanjutnya kita juga sudah berkomunikasi dengan pemerintah daerah dan insyaAllah akhir tahun kita akan segera launching,” katanya.

Sedangkan Kepala Desa Jenarsari, Markinah sangat mendukung dan mengapresiasi dan dibentuknya Desa Wisata Kampung Silat. “Kalau sudah diresmikan kita akan buat konsep yang menarik dengan menampilkan produk lokal UMKM hasil dari warga sekitar,” katanya.

Penulis: Hermawan
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini