Tak Perlu Bawa Uang Tunai Masuk ke Objek Wisata Guci

0
Bupati Tegal Umi Azizah (tengah) saat meluncurkan sistem pembayaran nontunai QRIS di OW Guci, Kabupaten Tegal, Senin, 15 Maret 2021 kemarin. FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Tegal – Pemerintah Kabupaten Tegal mulai menerapkan sistem pembayaran nontunai di Objek Wisata Guci. Wisatawan yang berkunjung di objek wisata andalan Kabupaten Tegal itu kini bisa melakukan pembayaran menggunakan aplikasi QR Code atau Quick Response Indonesia Standard (QRIS).

Peluncuran sistem pembayaran nontunai melalui QRIS hasil kerja sama Pemkab Tegal dengan Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tegal dilakukan di pintu masuk OW Guci, Senin sore, 15 Maret 2021. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hadir secara virtual.

Bupati Tegal Umi Azizah menyampaikan, penggunaan QRIS di tempat wisata Guci dimaksudkan untuk mempermudah pelayanan terhadap wisatawan sekaligus mencegah terjadinya kebocoran pendapatan daerah di sektor pariwisata.

“Nantinya tidak hanya di Guci yang diberlakukan sistem pembayaran QRIS, tapi semua objek wisata yang ada di Kabupaten Tegal, sehingga uang dari saldo pengunjung akan langsung masuk ke kas daerah,” kata Umi.

Kepala Perwakilan BI Tegal, M Taufik Amrozy menyampaikan, banyak platform yang menyediakan layanan QRIS, baik bank maupun nonbank. QRIS dapat menyederhanakan pembayaran dan mengilangkan risiko uang palsu. Dan yang jelas transaksi nontunai tidak perlu menyediakan uang kembalian dan penggunaan uang uang lusuh.

“Untuk aplikasi m-banking hampir semuanya sudah menyediakan QR Code dan untuk nonbank, bisa menggunakan aplikasi Go Pay, OVVO, Link Aja dan lainnya. Silakan mau pakai yang mana bisa pakai platform bank maupun non bank,” kata Taufik.

Taufik menambahkan, sistem pembayaran QRIS di masa pandemi Covid-19 saat ini menjadi salah satu solusi tepat sebab tidak perlu ada kontak langsung baik fisik maupun melalui perantara uang tunai. Itulah yang menjadi keunggulan lainnya dari sistem pembayaran nontunai.

“QRIS menjadi salah satu solusi tepat dimasa pandemi karena tidak memerlukan kontak fisik langsung,” katanya.

Ganjar Pranowo mengapresiasi terobosan Pemerintah Kabupaten Tegal bersama Perwakilan Bank Indonesia Tegal dalam menerapkan sistem pembayaran nontunai QRIS di Obyek Wisata Guci. Ganjar berjanji akan piknik ke Guci.

“Tunggu kedatangan saya dan keluarga. Jika tidak ada halangan saya ingin menantang tingginya Guci dengan bersepeda. Masuknya, nanti pakai scan barcode, biar kekinian dan tidak ada kontak,” kata Ganjar.

Meski menjabat sebagai orang nomor satu di Jawa Tengah, Ganjar ogah jika kedatangan dirinya nanti digratiskan. Untuk itu, dia melakukan pembayaran dengan metode scan barcode secara daring.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini