Gempar, Warga Tegal Tangkap Ular Sanca Sepanjang 5 Meter

0
Warga Dukuh Sampak RT 02/ RW 03, Kelurahan Kemandungan, Kota Tegal menangkap ular sanca sepanjang 5 meter, Selasa malam, 9 Maret 2021. FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Tegal – Warga Dukuh Sampak RT 02/ RW 03, Kelurahan Kemandungan, Kota Tegal, digemparkan dengan penangkapan seekor ular sanca, Selasa malam, 9 Maret 2021. Diduga, ular sepanjang hampir 5 meter tersebut muncul ke permukiman warga karena habitatnya terendam banjir.

Salah seorang warga, Baim (38) menceritakan, ular sanca pertama kali dia lihat saat dirinya sedang membuka saluran drainase di dekat rumahnya karena tersumbat saat turun hujan deras sekitar pukul 21.00 WIB.

“Saya kaget, ternyata ada kepala ular sanca menyembul di selokan. Langsung saya panggil warga untuk menangkap ramai-ramai,” kata Baim.

Menurut Baim, penangkapan ular sempat menemui kesulitan karena ular sangat agresif dan melakukan perlawanan saat akan ditangkap. “Nangkapnya sangat susah. Sebab dia (ular) melawan,” tuturnya.

Warga membutuhkan waktu sekitar setengah jam, untuk bisa menangkap reptil raksasa itu. Setelah ditangkap, bagian kepala ular diikat dengan lakban, karena sangat agresif.

Tutut (35), warga lain menuturkan, ular jenis sanca kembang itu diduga kerap memakan hewan piaraan warga. Pasalnya, hewan piaraan warga seperti ayam dan itik, seringkali tiba-tiba hilang tanpa beka dengan kondisi kandang rusak.

“Awalnya warga mengira hilangnya hewan tersebut karena ulah pencuri. Tetapi setelah ada ular ini warga berasumsi hewan peliharaannya hilang dimangsa ular,” katanya.

Sebelum ini, sekitar awal Februari 2020, tidak jauh dari lokasi tertangkapnya ular sanca, warga setempat juga pernah menangkap jenis ular yang sama sepanjang sekitar 7 meter. Warga berencana menjual ular hasil tangkapannya, jika ada yang berminat membeli.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini