PPKM Mikro Sukses Turunkan Angka Positif COVID-19 di Kalisalak Batang

0
Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar Fitria Sutisna bersama Kapolres Batang AKBP Edwin Louis Sengka di Posko PPKM Mikro Desa Kalisalak, Kabupaten Batang, Senin, 1 Maret 2021. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Batang – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Desa Kalisalak, Kabupaten Batang mendapatkan apresiasi dari Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar Fitria Sutisna karena mampu menurunkan angka positif COVID-19.

“Kita mengecek semua kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) dan berbagai kegiatannya telah secara rutin dilaksanakan oleh warga dan perangkat desa,” katanya saat meninjau didampingi Kapolres Batang AKBP Edwin Louis Sengka di Posko PPKM Mikro Desa Kalisalak, Kabupaten Batang, Senin, 1 Maret 2021.

Ia mengatakan, setelah diberlakukannya PKM Mikro, terjadi penurunan jumlah warga positif Covid-19. “Dari yang semula 15 orang kini tinggal 1 orang yang sedang menjalani karantina mandiri. InsyaAllah yang bersangkutan beberapa pekan ke depan sudah negatif,” katanya.

Menurutnya, pelaksanaan PPKM Mikro sangat efektif. Berdasarkan data di seluruh Provinsi Jawa Tengah, zona merah dan orange sudah tidak ada lagi. Yang masih ada hanya zona kuning dan hijau. “Artinya sudah sangat minim untuk jumlah orang yang terpapar,” katanya.

Dijelaskan, untuk kelengkapan peralatan dan personel ada sinergi yang baik antara pemerintah daerah, pemerintah desa/kelurahan, instansi kesehatan, dan didukung TNI/Polri.

“Langkah pencegahan pun intensif dilakukan aparat desa, seperti penyemprotan disinfektan secara rutin di tiap rumah, tempat cuci tangan pun tersedia di masing-masing rumah serta rumah isolasi mandiri yang disiapkan pula dapur umum,” katanya.

Ia mengimbau, agar masyarakat Desa Kalisalak, khususnya dan Kabupaten Batang umumnya, dapat menjaga kesehatannya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. “Jaga jarak dan selalu memakai masker karena COVID-19 masih ada di sekitar kita, serta rutin mencuci tangan setiap waktu dengan sabun. Perangkat desa bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa terus membantu supaya tertangani pihak kesehatan, apabila ada warga yang terpapar COVID-19,” katanya.

Sementara, Kepala Desa Kalisalak Sucipto Sapto Atmojo mengutarakan, selama menjabat tetap berupaya semaksimal mungkin bersama jajaran aparat desa untuk menangani pandemi, khususnya apabila ada warga yang terindikasi.

“Alhamdulillah dengan semangat gotong- royong antara RT/RW, Pamong Desa, petugas kesehatan selalu bekerja sama dan berkomunikasi secara intensif, insyaAllah Virus Corona akan minggat,” ujarnya.

Kunci kesuksesan PPKM Mikro di desanya adalah terjalinnya kekompakan seluruh warga. Jika ada salah satu warga yang terindikasi atau positif COVID-19, harus menanggung bersama-sama.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini