Agrowisata Sitalang Salatiga Dikebut, Kenapa?

0
Anggota DPRD Salatiga Sarmin Sampurno (dua dari kiri) saat berada di Sitalang, Salatiga. Ia mendukung penuh percepatan pembangunan kawasan wisata itu.FOTO/PUSKAPIK/WAWAN HERMAWAN

PUSKAPIK.COM, Salatiga – Dukungan untuk pengembangan argowisata di Salatiga semakin meluas. Keberadaan kampung agrowisata tersebut nantinya bisa membantu menggerakkan perekonomian masyarakat.

Anggota DPRD Kota Salatiga, Sarmin Sampurno menegaskan dukungannya terhadap upaya percepatan pembangunan kampung Agrowisata Sitalang di Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo.

“Saya sangat-sangat mendukung penuh percepatanpembangunan Agrowisata Sitalang. Untuk detail engineering design ( DED) rampung di tahun ini dan nantinya juga bertahap, “ jelasnya.

Dikatakan anggota Fraksi PDI Perjuangan ini, untuk mendukung agar pembangunan Sitalang tetap berjalan, maka ia bersama dengan LPMK dan tim, maka disepakati menggunkan dana kelurahan terlebih dahulu.Untuk dana kelurahan yang akan digunakan untuk mendukung percepatan Agrowsiata Sitalang, lanjut Sarmin, yaitu pembenahan pasar, dimana posisi pasar akan dimundurkan dan saluran dicor sepanjang 150 meter.

“Juga untuk memperindah kawasan dan kenyamanan pengunjung akan dibangun 7 unit gazebo dan juga
pembangunan taman sekaligus identitas Sitalang.” Untuk di tahun 2021 ini juga ada dana dari APBD untuk pembangunan betonisasi dan talud,” imbuhnya.

Dikatakan Sarmin, di acara Hari Ulang Tahun PDI Perjuangan beberapa waktu lalu, DPC PDIP Salatiga juga mengadakan kegiatan penghijauan di Sitalang dengan penanaman ratusan bibit pohon yang nantinya bisa mendukung keasrian dan keindahan Agrowisata Sitalang.

“Kami selaku warga Kauman Kidul dan kebetulan dipercaya sebagai wakil rakyat dan juga di Badan Anggaran maka akan saya kawal terus percepatan pembangunan agro wisata ini,” imbuhnya.

Dikatakan Sarmin, dengan adanya Agrowisata Sitalang, maka akan menghidupkan ekonomi masyarakat.

“Masyarkat bisa berjualan makanan, membuat cinderamata, belum lagi parkir, tentunya ini bisa menambah penghasilan ekonomi keluarga,” katanya.

Diakui Sarmin, sementara ini kawasan Agrowisata Sitalang ramai pengunjung pada hari Sabtu dan Minggu saja, ke depan bila fasilitas terpenuhi maka bisa seminggu empat atau lima kali ( buka). Juga ada potensi pendukung yang lain, resto batur dan river tubing.

“River tubing pengunjungnya ramai, namun karena pandemi maka dihentikan sementara operasinya sesuai intruksi pemerintah. Kalau sudah memungkinan akan kita hidupkan lagi,” katanya.

Sarmin juga memfasilitasi adanya tempat bermain bagi pengunjung anak-anak berupa odong-odong untuk menambah keramaian wisata Sitalang.

”Untuk itu kami butuh dukungan semua pihak, agar Sitalang ini sebagai kasawan agrowisata yang ramai dan menjadi salah satu andalam wisata di Salatiga,” pungkasnya.

Penulis: Wawan Hermawan
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini