Sudirman Said: PMI Harus Melayani dalam Situasi Pandemi atau Bencana

0
Sekjen PMI, Sudirman Said (berdiri 3 dari kiri) saat mengunjungi PMI Kabupaten Tegal, Minggu siang, 28 Februari 2021. FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Slawi – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Palang Merah Indonesia (PMI), Sudirman Said meminta anggota PMI tetap harus siap memberikan pelayanan dalam setiap situasi, baik pandemi atau bencana.

“PMI harus memberikan pelayanan dalan setiap situasi, baik pandemi atau bencana,” kaya Sudirman Said saat melakukan kunjungan ke PMI Kabupaten Tegal, Minggu siang, 28 Februari 2021.

Sudirman mengungkapkan, sejak adanya peringatan cuaca ekstrem dan La Nina, PMI telah menyiagakan Posko beserta personelnya untuk mengantisipasi situasi darurat, termasuk di Jateng.

Sudirman Said, mengapresiasi jajaran pengurus PMI Kabupaten Tegal, staf dan relawan yang telah merespons cepat dalam penanganan bencana, mulai dari penanganan evakuasi, pelayanan dapur umum, air bersih, dan distribusi logistik bantuan walaup un di tengah pandemi.

“PMI itu ibarat tangan di atas dan di bawah, tangan di bawah PMI menerima bantuan dari masyarakat dan swasta serta pemerintah, sementara tangan di atas PMI menjadi penghubung untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan” kata Sudirman
didampingi Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah, Imam Triyanto.

Dalam kesempatan ini, Sudirman Said juga menyerahkan bantuan logistik kepada warga terdampak angin kencang di Desa Tegal Andong, Kecamatan Lebakisu,

Kunjungan Sudirman Said dalam rangka monitoring respons dalam penanganan bencana di Wilayah Pantura yakni Kabupaten Brebes, Kota Tegal, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan termasuk Kabupaten Tegal.

Ketua PMI Kabupaten Tegal, Iman Sisworo, dalam laporannya menyampaikan kejadian bencana di Kabupaten Tegal selama Januari hingga Februari 2021, tercatat ada 29 kali kejadian bencana.

“Ada bencana banjir, longsor, angin kencang, putting beliung, tanah bergerak dan pohon tumbang. Semuanya dapat direspons cepat oleh PMI Kabupaten Tegal yang tentunya bersinergi dengan Pemerintah, BPBD, TNI, Polri dan organisasi sosial lainnya,” katanya.

Iman mengatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada PMI Pusat dan PMI Provinsi, yang telah mendukung pada penanganan bencana nonalam yaitu pencegahan Covid-19.

“Bentuk dukungan kepada PMI Kabupaten Tegal, di antaranya adalah Program Penguatan Respons Covid-19 di tingkat masyarakat yang saat ini sedang dilaksanakan oleh Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) Desa Bumijawa Kecamatan Bumijawa,” ujarnya.

Sekjen PMI beserta rombongan berkesempatan melakukan kunjungan langsung ke Gedung Pelayanan PMI untuk melihat langsung Pelayanan Donor Darah PMI, Posko PMI dan melihat aktifitas Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis ) PMI Kabupaten Tegal.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini