Tokoh Punakawan Turun Gunung Sosialisasi Vaksin Covid-19 di Tegal

0
Tokoh Punakawan ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi vaksin Covid-19, PPKM dan Protokol Kesehatan di wilayah Bumijawa, Kabupaten Tegal, Sabtu, 27 Februari 2021. FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Bumijawa – Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT), Desa Bumijawa PMI Kabupatem Tegal, bekerja sama dengan Puskesmas, Polsek, Koramil, dan Pemdes Bumijawa menggelar sosialisasi vaksinasi Covid-19, Sabtu siang, 27 Februari 2021. Mereka keliling desa menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat melalui pengeras suara.

Beberapa hal yang disampaikan dalam sosialisasi ini adalah meyakinkan masyarakat bahwa vaksin Covid-19 Sinovac aman dan halal. Dengan vaksinasi Covid-19, diharapkan masyarakat akan selalu sehat dan ekonomi meningkat.

Selain itu, mereka mengajak masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Kami juga membagikan masker dan hand sanitizer gratis kepada warga yang kedapatan tidak memakai masker,” kata Abdul Kholiq, Relawan SIBAT Bumijawa.

Dalam sosialisasi ini juga melibatkan relawan berdandan tokoh Punakawan. Mereka sengaja dilibatkan untuk menarik perhatian warga, membantu membagikan brosur berisi informasi vaksinasi Covid-19 dan protokol kesehatan. Sekaligus untuk mengajak masyarakat mendukung dan mematuhi Pemberlakuan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Kami libatkan tokoh Punakawan. Tujuan agar pesan dan imbauan yang kami sampaikan lebih mengena,” ujar Abdul Kholiq.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Program Penguatan Respons Covid-19 tingkat masyarakat yang didukung oleh PMI Pusat dan Palang Merah Federasi Internasional.

“Kegiatan-kegiatan sebelumnya yang sudah dilalukan di antaranya sosialisasi langsung kepada kelompok masyarakat, pembagian sembako kepada masyarakat rentan, dan pemasangan sarana cuci tangan di fasilitas umum dan pendidikan,” kata Ketua PMI Kabupaten Tegal, Iman Sisworo.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini