Sampai Hari Ini Desa Tasikrejo, Ulujami, Terendam Banjir, Ini yang Dilakukan Pemdes

0
Warga Desa Tasikrejo, Kecamatan Ulujami, Pemalang, menyelamatkan harta-bendanya dari banjir, Kamis 25 Februari 2021.FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pemalang- Banjir melanda Desa Tasikrejo, Kecamatan Ulujami. Sampai Kamis 25 Februari 2021, pagi, masih belum teratasi. Meskipun ketinggian genangan air sudah mulai surut namun saat intensitas hujan meningkat banjir kembali mengancam.

Kepala Desa Tasikrejo, Sofiudin Kamis 25 Februari 2021 mengatakan, pemerintah desanya sudah berkoordinasi dengan Pemkab dan dinas terkait dalam penanganan bencana banjir tersebut. Upaya normalisasi saluran air di wilayah tersebut sudah dilakukan secara gotong-royong dengan warga.

“Kemudian distribusi penyediaan bahan pangan berupa sembako bagi ratusan warga terdampak juga sudah dilakukan. Terakhir alhamdulillah dari dinas kesehatan memberikan bantuan berupa pelayanan kesehatan ke desa kami,” ujarnya.

Sofiudin mengaku saat puncaknya beberapa hari lalu ketinggian air mencapai 90 Cm yang membuat aktivitas warga terganggu. Bahkan pendirian dapur umum di 8 titik desa dilakukan untuk menyuplai kebutuhan makan warganya.

“Kurang lebih ada 4000 KK yang terdampak, untuk rumah warga ada 900-an namun yang sampai hari ini masih terdampak tinggal 350 rumah,” katanya.

Untuk fasilitas umum desa, menurut Sofiudin menyebutkan saat banjir besar waktu lalu, kantor balai desa sempat tergenang dan terpaksa menghentikan aktifitas pelayanannya.

“Sekarang sudah kembali normal, pelayanan di balai desa sudah berjalan meskipun terbatas,” ungkapnya.

Sofiudin mengimbau kepada warganya, di saat kondisi bencana melanda sekarang ini, protokol kesehatan tetap dipatuhi guna mencegah penyebaran Covid-19 di wilayahnya tersebut.

“Kami harapkan bisa mempertahankan kondisi Tasikrejo yang sampai saat ini masih masuk zona hijau pantauan Covid-19. Dan berharap banjir cepat surut sehingga aktifitas warga bisa kembali normal seperti sediakala,”.

Terkait bantuan masyarakat kepada warganya, Sofiudin mengucapkan banyak terima kasih. Pemerintah desa akan memfasilitasinya, namun jika ada yang memberikan bantuan langsung secara dor-to-dor Pemdes mempersilahkan.

Penulis : Baktiawan Candheki
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini