51 Anggota Polres Pekalongan Dites Urine Dadakan, Ini Hasilnya

0
Puluhan personel mengikuti tes urine mendadak yang diadakan di halaman kantor Sipropam Polres Pekalongan, Rabu, 24 Februari 2021. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Puluhan personel mengikuti tes urine mendadak yang diadakan di halaman kantor Sipropam Polres Pekalongan. Tes urine tersebut dilaksanakan guna mengantisipasi keterlibatan anggota dalam peredaran narkoba.

“Semua anggota dari semua unsur mulai dari Narkoba, Reskrim, Lantas hingga tingkat polsek hari ini kita lakukan tes urine,” kata Kasi Propam Polres Pekalongan Iptu Mustajab, Rabu, 24 Februari 2021.

Mustajab menyebutkan, kegiatan tes urine sengaja dilaksanakan secara mendadak tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada para anggota. Tes ini guna mendeteksi kemungkinan adanya oknum anggota yang mengonsumsi narkoba.

“Kita laksanakan tes urine secara mendadak kepada sejumlah anggota. Kegiatan ini sengaja kita laksanakan di sela pelaksanaan apel pagi tanpa terlebih dahulu ada pemberitahuan,” katanya.

Tes urine dilaksanakan terhadap 51 anggota Polres Pekalongan yang dipilih secara acak. Pemeriksaan dilakukan oleh tim kesehatan bersama Satuan Narkoba Polres Pekalongan dan diawasi secara ketat oleh Provos.

Propam, tutur Mustajab, tak akan segan-segan memberikan tindakan tegas jika diketahui ada anggota yang terbukti mengonsumsi narkoba. Apalagi setelah adanya ancaman atau perintah langsung dari Kapolri untuk menindak tegas oknum anggota Polri yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba termasuk mengonsumsinya.

“Bapak Kapolri sudah sangat tegas memerintahkan apabila ditemukan anggota Polri yang mengonsumsi atau mengedarkan narkoba, sanksinya diberhentikan dengan tidak hormat dan dipidanakan. Itu yang menjadi salah satu dasar pelaksanaan tes urine secara mendadak yang kita laksanakan hari ini,” katanya.

Diungkapkan, tes urine dilaksanakan dengan menggunakan alat (test kit) yang tingkat akurasinya tinggi yakni mencapai 99%. Selain itu, hasilnya pun bisa diketahui dalam jangka waktu yang sangat cepat yakni semenit setelah dilakukan pemeriksaan, sehingga sulit disembunyikan.

Mustajab mengaku bersyukur karena berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan secara acak kepada 51 anggota Polri, tak ada satu pun yang menunjukan hasil positif.

“Kegiatan tes urine yang dilakukan secara mendadak, tidak hanya dilakukan kali ini. Namun untuk waktunya, tentunya tidak akan dipastikan karena kegiatan ini akan dilaksanakan secara dadakan guna menghindari adanya kebocoran informasi terhadap anggota,” kata Kasi Propam Iptu Mustajab.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini