Ziarah ke Makam Endro Suwaryo di Pemalang, Begini pesan Bupati Banjarnegara

FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI
Aqeela Beauty

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Memperingati HUT ke-450 Kabupaten Banjarnegara, Bupati Budhi Sarwono, berziarah ke makam Endro Suwaryo (Bupati Banjarnegara 1986-1991) di Pemalang. Budhi Sarwono menceritakan kedekatan dengan mendiang, dan memberikan pesan ke generasi penerus untuk menjaga kerukunan.

Ziarah mendiang Bupati Banjarnegara, Almarhum Endro Suwaryo, itu diawali dengan kunjungan silahturahmi ke kediaman keluarganya di Jalan Banowati, Kelurahan Mulyoharjo, Pemalang, pagi tadi, Rabu 24 Februari 2021.

Dalam kunjungan ini, Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, didampingi jajaran Forkopimda Banjarnegara. Kedatangan mereka di rumah Almarhum Endro Suwaryo juga disambut hangat perwakilan Forkopimda Pemalang.

Bupati Budhi Sarwono menyampaikan, kunjungan silahturahmi dan ziarah makam almarhum Endro Suwaryo merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Banjarnegara Ke-450, pada 26 Februari 2021 mendatang.

“Kami sengaja bersilahturahmi, sungkem kepada Ibu Endro Suwaryo, yang masih sehat,” kata Budhi Sarwono.

Acara kemudian dilanjutkan ziarah dan tabur bunga di makam almarhum Endro Suwaryo, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Sewaka, Pemalang, didampingi istri mendiang.

“Saya teringat, pada waktu muda saya, dahulu saya sempat dibina beliau. Beliau berpesan, kalau kamu ingin jadi orang sukses, jangan melupakan leluhur, kita orang Jawa, jadi budaya leluhur kita harus diamalkan dengan baik, kita harus santun dan lebih terhormat lagi, menghormati kepada sesepuh kita,” ungkap Budhi Sarwono.

Budhi Sarwono juga menceritakan kedekatan ayahnya dengan almarhum Endro Suwaryo, yang merupakan veteran pejuang Brigade 17, pada masa kemerdekaan dahulu.

“Tujuannya tidak ada lain, ingin merdeka, menancapkan merah putih. Yang kedua tidak ada lain, kita mau hidup mandiri, tidak mau ketergantungan dengan asing manapun juga,” terang Budhi Sarwono.

Kepada para generasi penerus, Bupati Budhi Sarwono menyampaikan pesan dari ayahnya dan mendiang almarhum Endro Suwaryo.

“Pesannya tidak ada lain, kita harus rukun, dan bersatu. Kita bersatu dan rukun, jangan mau dipecah belah, insyaallah indonesia semakin kuat,” tutur Budhi Sarwono.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

1 KOMENTAR

  1. Terima kasih atas wejangan dan kunjunga Bpk Bupati Banjarnegara ke Pemalang, semoga wejangan Bapak didengar, diresapi dan dijalankan oleh pejabat2 di Pemalang..mohon maaf kalau jalan yang Bapak lewati kemarin tidak mulus krn banyak lubang..untung mobil Bapak suspensinya bagus jadi ga terasa..maklum lagi banyak hujan dan pembangunan, selain itu juga kualitas jalannya masih di bawah standard alias KW Pak..tp saya yakin kalau yg mau lewat mas Ganjar, insya Alloh jalan yg berlubangnya langsung ditambal biar rata..👍👍

Tinggalkan Balasan