Prajurit Lanal Tegal Dirazia Denpomal

Sejumlah Prajurit Lanal Tegal sedang diperiksa Denpomal dalam kegiatan GAKTIBLIN di gerbang penjagaan Mako Lanal. FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO
Iklan

PUSKAPIK.COM, Tegal – Dalam rangka Pekan Disiplin dan Pelaksanaan Operasi Penegakan Ketertiban dan Disiplin (GAKTIBLIN) di wilayah kerja Markas Komando (Mako) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tegal, Detasemen Polisi Militer Lanal Tegal rutin mengadakan operasi/razia penegakkan disiplin dan tata tertib secara mandiri di wilayah Mako Lanal Tegal.

Operasi penegakan disiplin dipimpin oleh Dandenpomal Lanal Tegal Lettu Laut (PM) Muzai Nurrido dengan sasaran surat-surat kendaraan, SIM Militer, SIM Umum, KTA serta kelengkapan kendaraan dinas maupun pribadi. Pemeriksaan dilakukan di depan pintu gerbang penjagaan Mako Lanal Tegal.

“Operasi penegakkan disiplin dan tata tertib secara mandiri di wilayah Lanal Tegal dengan tujuan untuk mencegah serta menekan angka pelanggaran dan kejahatan yang dilakukan oleh prajurit TNI AL di wilayah kerja Lanal Tegal,” kata Danlanal Tegal Letkol Mar Ridwan Azis, M.Tr.Hanla., CHRMP kepada Puskapik.com, Kamis, 11 Februari 2021.

Ridwan menambahkan, GAKTIBLIN dilaksanakan sekaligus untuk menyambut Hari Ulang Tahun Polisi Militer TNI AL yang ke-75. Ridwan menjelaskan, POMAL selaku penegak hukum selalu menjalankan tugas dan wewenang setiap waktu dan tempat dengan menggunakan hukum sebagai alat utamanya. Dalam kegiatan GAKTIBLIN ini tidak ditemukan pelanggaran oleh prajurit.

“Tujuannya dapat mewujudkan jati diri Pomal yang profesional, tertib, disiplin, tegas, lugas dan berwibawa,” kata Ridwan Aziz.

Detasemen Polisi Militer (DENPOMAL) Tegal juga melarang prajurit Lanal Tegal mendatangi tempat-tempat yang terlarang bagi prajurit TNI, seperti tempat hiburan malam, diskotik, kafe, lokalisasi, lokasi perjudian serta tempat-tempat lain yang dikategorikan terlarang bagi prajurit.

“Tingkatkan kinerja Pomal, perkecil dan minimalisir pelanggaran prajurit di Lanal Tegal. Agar Polisi Militer ke depan semakin kuat, tangguh, menjadi penegak hukum yang bijaksana dan dicintai satuannya khususnya dan masyarakat umumnya,” kata Danlanal.

Ridwan Aziz mengungkapkan, kegiatan ini selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono agar setiap prajurit TNI AL senantiasa menjaga kepercayaan negara dan rakyat, melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat bangsa dan negara.

“Saya dan segenap prajurit mengucapkan selamat hari Korps Polisi Militer ke-75, semoga bertambah usia bertambah profesional menjadi Polisi Militer yang bisa mewujudkan jati diri, tertib, disiplin, tegas, lugas dan berwibawa serta menjadi benteng hukum di Lanal Tegal,” kata Ridwan Aziz.

Selain melaksanakan pekan Disiplin dan Pelaksanaan Operasi Penegakan Ketertiban dan Disiplin (GAKTIBLIN), DENPOMAL Tegal juga menyelenggarakan berbagai kegiatan, di antaranya mengkoordinasi pembuatan SIM Kolektif Sim TNI/SIM Umum prajurit dan keluarganya, lomba menembak senapan angin, tenis meja antar Satker, syukuran serta kegiatan-kegiatan lain dalam rangka menyemarakan HUT POMAL.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Faisal M

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini